Bagaimana Cara Memulai Blog Untuk Pemula

Share

Blog adalah situs yang berisi informasi atau diskusi yang dipublikasikan di world wide web yang terdiri dari artikel atau “post” yang biasanya artikel paling baru dimunculkan pertama meskipun tidak semuanya demikian.  Hingga 2009, blog merujuk pada karya individu, atau pada kelompok kecil dan biasanya membahas satu subjek. Pada saat sekarang ini bukan hanya individu saja yang menulis blog bahkan corporasi pun memiliki blog.

Untuk mulai memiliki sebuah blog tentunya sangat mudah. Anda bisa membuat blog di WordPress atau Blogger, keduanya merupakan penyedia layanan blog yang paling banyak digunakan dan GRATIS. Jika Anda berniat memiliki nama domain dan hosting sendiri, Anda tinggal membelinya kemudian menginstall WordPress di sana.

Ketika kita akan memulai sebuah blog, itu akan menjadi hal yang luar biasa. Ada banyak sekali sumber daya yang bisa kita temukan, tentunya melalui mesin pencari. Kita mungkin akan sedikit kesulitan untuk mengikuti sumber yang mana, karena mungkin saja ada perbedaan antara yang satu dengan yang lainnya. Blog bisa menakutkan bagi orang yang tidak memiliki gairah dalam menulis.

Berikut ini saya mencoba menulis tips untuk blogger pemula :

  1. Yang paling penting adalah tentukan topik. Pastikan artikel yang kita tulis konsisten dengan topik blog kita. Misalnya kita memilih topik pendidikan, teknologi, atau bisnis. Memilih topik sesuai dengan minat kita, lakukan sesuatu yang menarik dan kemudian tulis.
  2. Artikel yang kita tulis tentunya harus original, artinya kita tidak sekedar copy paste dari sumber lain. Dan yang paling penting, artikel yang kita tulis adalah berguna bagi pembacanya.
  3. Menulislah untuk pembaca, bukan untuk Google atau mesin pencari lain. Tentukan target pembaca untuk blog Anda sebelum menulis.
  4. Tidak ada batasan minimum berapa jumlah kata yang harus kita tulis dalam satu artikel, tapi akan lebih baik jika kita menulis lebih dari 300 kata.
  5. Konsisten, selain konsisten dengan topik blog, Anda juga harus konsisten menulis dalam hal waktu. Jika Anda hanya bisa menulis satu artikel dalam satu bulan, itu adalah hal yang buruk.
  6. Rajin membaca, ya Anda juga mesti rajin membaca blog atau penyedia informasi lainnya untuk memperkaya materi blog kita.
  7. Ketika Anda menggunakan WordPress atau Blogger, pasti kita akan memilih theme dari blog kita. Sebisa mungkin theme yang kita gunakan enak dilihat, mudah digunakan dan sesuai dengan topik blog kita. KISS (Keep It Simple Stupid).
  8. Install plugin untuk optimasi blog, misalnya untuk kebutuhan SEO, mempercepat waktu tampil dan untuk keamanan.
  9. Kunjungilah blog orang lain, beri komentar dan pasang link ke blog kita. Hal ini akan sangat berguna untuk memperkenalkan blog kita.

Banyak blogger ingin mendapatkan income dari blog yang dimiliki dari traffic yang masuk.  Sehingga banyak sekali menaruh iklan, dan kadang mengganggu tampilan artikel. Harus disadari bahwa orang yang masuk ke blog adalah orang yang ingin membaca, bukan untuk berbelanja. Keberhasilan sebuah blog bisa dilihat dari returning guest, semakin tinggi jumlah persentasenya maka semakin baik pula blog Anda. Pendapatan dari iklan adalah sebuah bonus.

3 Comments

  1. Keren juga belii.. Informatif!! Semoga bisa bantu naik!! 😀

  2. Pak yudana bloger ternyata…. mantaaappp… sukses terus…

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

*