Share

Seringkali ketika selesai membangun website, sebagian besar orang akan bertanya bagaimana cara membuatnya muncul paling atas di halaman pencarian Google. Website baru sama artinya dengan rumah baru, kita harus melakukan berbagai tindakan di luar rumah/website tersebut untuk mengundang orang berkunjung. Tidak akan ada gunanya memiliki website yang indah designnya ataupun fiturnya yang powerfull, kalau tidak ada orang yang berkunjung ke sana.

Banyak cara yang bisa digunakan untuk membangun website. Kita bisa menggunakan CMS untuk membangun website, baik itu CMS ecommerce atau CMS blog. Begitu pun menggunakan framework jika Anda bisa koding. Pada prinsipnya website yang kita bangun harus bisa dibuka dengan mudah oleh pengguna. Tentunya untuk ukuran sekarang, design yang responsive adalah sebuah keharusan.

Berikut ini beberapa hal yang harus dilakukan setelah Anda baru memiliki website.

  1. Analitik
    Bagaimana cara mengetahui berapa orang yang membuka situs Anda? Jawabannya adalah dengan Google Analytics. Bukan hanya mengetahui berapa pengunjung, dengan GA kita juga akan mengetahui dari mana pengunjung masuk ke website, apa saja yang dibuka pengunjung bahkan sampai mengetahui jumlah transaksi yang terjadi jika website Anda menggunakan ecommerce. Untuk membuat akun GA, silakan klik di sini. Anda akan mendapatkan kode yang kemudian mesti dipasang di website Anda.
  2. Sitemap
    Sitemap masih diperlukan, bukan halaman sitemap seperti pada website-website dahulu. Tapi sitemap berupa xml ataupun txt untuk menyimpan keseluruhan URL dari website Anda, sitemap ini bisa Anda daftarkan di berbagai mesin pencari. Misalnya kalau Google menggunakan Google Webmaster Tools.
  3. Pengecekan Broken Link
    Broken link adalah penyakit yang harus dibersihkan dari website Anda, untuk lebih jelasnya silakan klik broken link dan pengaruhnya. Segera lakukan pengecekan broken link setelah website Anda online, tentunya akan lebih mudah dengan menggunakan tool.
  4. Backlink
    Pasang link yang mengarah ke website Anda di berbagai media, misalnya memberikan komentar pada blog dan forum, website directory ataupun melalui media sosial. Semakin banyak Anda memiliki backlink maka akan semakin bagus, tapi tentunya harus berhati-hati karena tidak semua website memiliki rating bagus di Google.
  5. Social Media
    Media yang murah dan paling banyak digunakan adalah sosial media. Jadi akan sangat membantu jika Anda membuat page di facebook, akun di instagram dan twitter untuk memperkenalkan website Anda. Bukan hanya membuat page ataupun akun, Anda bisa posting link untuk menambah backlink. Tentunya sebuah tantangan bagi Anda untuk membuat postingan yang bisa menarik perhatian dan mendapatkan banyak like dan follower.
  6. Google Webmaster Tools
    Anda akan membutuhkan tool ini untuk menjaga website Anda selalu prima, melalui Google Webmaster Tools kita bisa melihat bagaimana Google men-crawling website Anda. Error-error yang terjadi berkaitan dengan link bisa kita dapatkan. Ada juga banyak saran dari Google misal html improvement dan penggunaan struktur data untuk membuat website Anda lebih mudah dibaca oleh Google.
  7. Optimisasi Website Anda
    Optimisasi yang dilakukan adalah untuk mempercepat loading website, klik di cara mempercepat loading website.

Bagaimanapun juga “content is a king”, apapun yang Anda lakukan jika konten yang Anda masukkan pada website tidak berkualitas maka akan sangat sulit bersaing di Google. Klik untuk memulai membuat blog

Memang sangat sulit untuk bersaing dengan di mesin pencari sekarang, selain jumlah website yang semakin banyak. Google juga selalu meng-update algoritmanya untuk menghasilkan hasil pencarian yang relevan untuk penggunanya. Jadi semakin kreatif Anda, semakin terkenal pula website Anda.