Share

Setelah tutorial mengenai variable dan operator pada bahasa pemrograman python, pada artikel ini saya akan menulis mengenai percabangan/pengambilan keputusan. Percabangan/pengambilan keputusan adalah pengkondisian yang terjadi ketika aplikasi berjalan, kemudian ada aksi-aksi tertentu atau kondisi tertentu sehingga aplikasi harus bereaksi terhadap hal itu. Atau dalam bahasa pemrograman umum dikenal dengan IF, THEN, ELSE.

Pada tulisan ini, saya menggunakan perangkat raspberry pi 2 dengan sistem operasi rasbian jessie. Sangat ringan dan tentunya python secara default ada di dalamnya. Kebetulan dalam tulisan ini masih menggunakan python versi 2, meskipun ada python versi 3 juga.

Python core tidak menyediakan “switch” atau “case” seperti bahasa pemrograman lain. Tapi kita bisa menggunakan statemen if, elif yang bisa menggantikan “switch” atau “case”.

Di bawah ini merupakan tipe-tipe percabangan yang disediakan oleh python.

Statemen Deskripsi
IF Mengandung expresi boolean dan diikuti oleh satu atau banyak statemen
IF ELSE IF bisa diikuti oleh optional statemen yaitu ELSE, yang akan dieksekusi ketika ekspresi boolean bernilai FALSE
NESTED IF atau IF bersarang Kita bisa menggunakan IF, ELSE IF di dalam IF, ELSE IF lainnya

Contoh dalam python untuk IF :

 

Contoh untuk IF ELIF ELSE, di python sintak ini bisa ditulis dengan lebih singkat yaitu elif :

Contoh untuk NESTED IF :

Statemen IF juga bisa ditulis dalam 1 baris saja, misalnya seperti ini :

Dari sintak percabangan sudah bisa kita lihat perbedaan antara python dengan bahasa pemrograman yang lain. Sintak ditulis dengan lebih ringkas. Percabangan atau pengkondisian ini adalah hal dasar dalam pemrograman, kita pasti akan menggunakannya. Pada artikel selanjutnya saya akan menulis mengenai perulangan atau looping dalam python.

 

Untuk tutorial python lainnya silakan klik, tutorial bahasa pemrograman python