Share

Algoritma adalah prosedur langkah demi langkah untuk penghitungan ataupun dalam menyelesaikan suatu tugas atau masalah. Algoritma digunakan untuk penghitungan, pemrosesan data, dan penalaran otomatis. Algoritma adalah inti dari pemrograman, dimana semua intruksi dari awal sampai akhir diterapkan dengan menggunakan bahasa pemrograman.

Dalam perkuliahan seringkali muncul beberapa algoritma populer yang dibahas untuk kemudian dibuatkan langkah-langkah pengerjaannya sekaligus penulisannya dalam suatu bahasa pemrograman. Berikut ini diantaranya :

Deret Fibonacci

Deret Fibonacci adalah himpunan bilangan yang dimulai dengan angka satu atau nol, kemudian diikuti oleh satu, dan angka selanjutnya merupakan jumlah dari dua angka sebelumnya. Seperti misalnya: 0, 1, 1, 2, 3, 5, 8, 13, 21, 34, 55.

Bilangan Prima

Bilangan prima adalah bilangan yang lebih dari 1 dan hanya habis dibagi oleh 1 dan dirinya sendiri. Misalnya : 2,3,5,7,11,13,17,19.

Faktorial

Dalam matematika, faktorial dari bilangan asli n adalah hasil perkalian antara bilangan bulat positif yang kurang dari atau sama dengan n. Faktorial ditulis sebagai n! dan disebut n faktorial. Misalnya 7! = 1 * 2 * 3 * 4 * 5 * 6 * 7

Bilangan Genap/Ganjil

Menentukan bilangan bilangan genap/ganjil dengan menggunakan mod (modulus). Mod (modulus) merupakan nilai sisa dari pembagian. Sangat simpel dalam penerapannya dengan bahasa pemrograman.

Terkadang 3 algoritma di atas digunakan ketika interview kerja, saya pernah mengalaminya 10 tahun yang lalu. Ketika itu ditanyakan algoritma fibonacci dan penyelesaiannya dengan menggunakan PHP.

Semoga bermanfaat 🙂