Share

Boom Beach adalah game online dengan genre strategi dan cukup lama saya mainkan. Game ini berjalan pada flatform android dan ios. Sejak dari dulu saya menggemari model game seperti ini, kalau yang online sepertinya Boom Beach yang paling lama saya mainkan (hampir 2 tahun).  Ketika saya menulis artikel ini, saya sedang rehat memainkannya karena jenuh. Dulu juga sempat rehat lebih dari 3 bulan kemudian nyambung lagi.

Kalau dari segi jumlah pemain, memang Boom Beach masih kalah jauh dengan CoC. Saya juga tidak mengerti kenapa lebih menyukai game ini dari pada CoC, mungkin karena ada tanknya hahahaha…. Meskipun memiliki konsep yang sama dengan CoC, yaitu menyerang dan bertahan. Tapi sebetulnya alur game di Boom Beach berbeda jauh dengan di CoC. Pada Boom Beach kita bisa melihat peta dari negara kita, akan ada banyak pulau yang mesti kita rebut. Baik itu pulau yang tak berpenghuni maupun pulau yang dimiliki oleh musuh. Jumlah pulau/daerahnya terbatas sampai pada level terakhir dari radar kita, kalau tidak salah berjumlah 169 (bukan pulau tapi daerah yang bisa direbut). Ketika menyerang, troop kita akan menggunakan landing craft untuk mendarat dan dibantu oleh gunboat yang bisa menembak dan melindungi troop. Menang atau kalah ditentukan oleh hancur tidaknya headquarter, jadi tidak bisa hanya sekedar mencuri sumber daya.

Komponen dalam game Boom Beach :

  • Troop : sampai saat ini ada 8 tipe troop yang bisa digunakan untuk menyerang base musuh. Yaitu : tank, medic, zooka, warrior, heavy, granadier, scorcher, rifleman. Setiap tipe memiliki ukuran yang berbeda untuk ditaruh pada landing craft.
  • Gunboat : kapal perang yang dibawa untuk menyerang base musuh. Bisa untuk menembak pertahanan musuh, mengarahkan troop dan melindungi troop. Gunboat ada energinya yang bisa diupgrade.
  • Bangunan : kita akan memiliki bangunan untuk ekonomi, pertahanan dan bangunan dengan fungsi tertentu. Untuk ekonomi akan ada 4 tipe, yaitu : gold, wood, stone dan iron. Sedangkan bangunan pertahanan untuk bertahan ada banyak model, ada yang single target atau multiple target dan memiliki jarak tembak yang berbeda. Lainnya ada bangunan berupa radar, armory, weapon lab, dll.

Alur game Boom Beach :

  • Menyerang dan bertahan dari serangan musuh.
  • Task force : membentuk sebuah grup dengan pemain lain untuk menyelesaikan misi.
  • Dr. T : menyerang pulau yang dikuasai oleh Dr. T untuk mendapatkan sumber daya (7 kali kesempatan)
  • Colonel Gearheart : menyerang pulau yang dikuasai oleh Colonel Gearheart untuk mendapatkan sumber daya dan weapon part (3 kali kesempatan)
  • Hammerman : mempertahankan base kita yang diserang oleh Hammerman (7 kali percobaan)
  • Mega Crab : menyerang robot besar berbentuk kepiting (even terbaru)

Sebenarnya game ini sangat menarik dicoba, sayang di daftar pertemanan saya di facebook sekarang hanya ada seorang teman yang masih aktif. Sisanya sudah pensiun semua, masih kalah populer dibandingkan dengan CoC. Saya akan berikan sedikit tips dan trik dari Boom Beach :

  1. Kombinasi troop dalam menyerang. Heavy berpasangan untuk Zooka, dimana Heavy memiliki damage rendah, health tinggi sedangkan Zooka damage tinggi health rendah. Kemudian Tank dengan Medic, Tank damage dan health tinggi tapi waktu tembaknya lama, Medic hanya untuk mengobati Tank. Warrior juga sangat mumpuni, tapi kita mesti belajar mengarahkannya.
  2. Jangan membuat statue hijau, tapi buatlah statue merah untuk memperkuat troop, biru untuk menambah kekuatan bertahan dan ungu untuk energi gunboat.
  3. Pada weapon lab, usahakan buat shock blaster dan doom cannon atau shield generator.
  4. Upgrade-lah vault setinggi mungkin, supaya bisa menyimpan sumber daya lebih banyak ketika kalah dari musuh yang menyerang.
  5. Dalam bertahan, upgrade-lah boom cannon, shock launcher dan rocket launcher sampai mentok kemudian baru diikuti oleh tipe pertahanan yang lain.
  6. Setiap naik level, upgrade-lah gunboat sampai mentok. Karena kita pasti kehabisan energi gunboat setiap menyerang.
  7. Pada armory, utamakan upgrade artilery dan barrage untuk menghancurkan pertahanan utama musuh sebelum mendaratkan troop.

Troop favorit saya adalah kombinasi Tank dengan Medic, setiap menyerang mesti menggunakan power powder pada statue gunboat energy karena mendaratkan Tank juga memakai gunboat energy.

Di bawah ini adalah base terahir saya

base