Share

bootstrap

Bootstrap adalah framework front-end yang lengkap untuk pengembangan website yang lebih cepat dan mudah. Framework ini mencakup template desain berbasis HTML dan CSS untuk komponen antarmuka pengguna biasa seperti tipografi, form, button, tabel, navigasi, dropdown, alert, modal, tab, accordion, carousel dan banyak ekstensi JavaScript lainnya.

Bootstrap, yang awalnya bernama Twitter Blueprint, dikembangkan oleh Mark Otto dan Jacob Thornton di Twitter sebagai framework untuk mendorong konsistensi di lingkungan aplikasi internal mereka. Sebelum Bootstrap, berbagai perpustakaan digunakan untuk pengembangan antarmuka, yang menyebabkan ketidakkonsistenan dan beban pemeliharaan yang tinggi.

Membuat framework CSS yang fleksibel atau responsive, mengikuti standar terbaru dan benar-benar teruji membutuhkan waktu kerja yang panjang dan bisa menjadi proyek besar. Sebagian besar dari kita tidak punya waktu untuk melakukan hal ini. Dengan munculnya perangkat mobile, membuat situs web yang responsif dan mengikuti teknologi terbaru akan sangat menyita waktu untuk pengembangan user interfacenya.

Kebutuhan untuk membuat website yang responsive adalah sebuah keharusan pada masa sekarang ini. Google pun telah mewanti-wanti pengembang web untuk selalu memperhatikan bagaimana tampilan website mereka di perangkat mobile. Tentunya tanpa mengurangi fitur dan konten yang ditampilkan pada tampilan desktop.  Framework Bootstrap menjawab itu semua.

Keunggulan Bootstrap

Keuntungan terbesar menggunakan Bootstrap adalah dilengkapi dengan perangkat gratis untuk membuat layout web yang fleksibel dan responsif serta komponen antarmuka yang umum. Selain itu, dengan menggunakan API dari Bootstrap Anda dapat membuat komponen antarmuka tingkat lanjut seperti Scrollspy dan Typeaheads tanpa menulis satu baris JavaScript.

Berikut adalah beberapa keuntungan lainnya, mengapa Anda harus memilih Bootstrap:

  • Hemat banyak waktu
    Anda dapat menghemat banyak waktu dan usaha menggunakan template dan komponen Bootstrap yang telah ditentukan dan berkonsentrasi pada pekerjaan pengembangan lainnya.
  • Fitur responsif
    Dengan menggunakan Bootstrap, Anda dapat dengan mudah membuat desain yang responsif. Fitur responsif Bootstrap membuat halaman web Anda tampil lebih baik pada perangkat dan resolusi layar yang berbeda tanpa adanya perubahan markup.
  • Desain yang konsisten
    Semua komponen Bootstrap merupakan template dan gaya desain yang sama, sehingga desain dan tata letak halaman web Anda konsisten selama Anda melakukan pengembangan website.
  • Mudah digunakan
    Bootstrap sangat mudah digunakan. Siapa saja yang memiliki pengetahuan dasar tentang HTML dan CSS dapat memulai pengembangan dengan Bootstrap.
  • Kompatibel dengan semua browser
    Bootstrap dibuat dengan browser modern dan kompatibel dengan semua browser populer seperti Mozilla Firefox, Google Chrome, Safari, Internet Explorer, dan Opera.
  • Open Source
    Gratis untuk diunduh dan digunakan.
  • Dokumentasi yang lengkap
    Bootstrap tidak hanya menawarkan styling untuk hampir setiap elemen yang dibutuhkan aplikasi situs web atau web biasa, namun juga menyediakan dokumentasi yang sangat lengkap dengan contoh dan demo yang membuatnya lebih mudah bagi pengguna baru sekalipun.

Selain itu, Bootstrap membutuhkan jQuery untuk berbagai komponennya. jQuery adalah perpustakaan JavaScript yang sangat populer dan banyak digunakan, yang menyederhanakan dan menambahkan kompatibilitas ke semua browser.

Sudah siapkah Anda dengan Bootstrap? Silakan kunjungi situsnya di sini.