Broken Link dan Bagaimana Pengaruhnya

Share

Google jelas ingin memberikan hasil pencarian yang berkualitas untuk para pengguna mesin pencariannya. Apakah hal itu berarti bahwa Google akan menghukum situs Anda jika memiliki broken link? Apakah error 404 akan menyebabkan situs Anda turun peringkatnya? Tentu saja! error 404 dan broken link akan berpengaruh terhadap peringkat situs Anda.

Broken link adalah link yang tidak bekerja atau terputus, sering diakibatkan karena kesalahan pertautan halaman ataupun alamat. Sebuah broken terjadi ketika ada link ke halaman web yang telah dihapus atau dipindahkan. Mengapa penting untuk memperbaiki link yang rusak (broken link)? Link yang rusak secara efektif akan menghentikan mesin pencari untuk mengindeks situs Anda.

Secara lebih detail, apa yang menyebabkan broken link?

  • Mengganti nama atau memindahkan alaman halaman web dan lupa untuk mengubah link internal dari situs Anda
  • Pertautan konten situs (PDF, video, gambar, dll) yang telah dipindahkan atau dihapus
  • Pertautan ke halaman pihak ketiga, dan tidak tahu ketika mereka mengubah URL atau memindahkan halaman

Apapun penyebabnya, link yang rusak perlu segera diatasi.

Efek yang ditimbulkan oleh broken link:

Google memiliki mesin yang sangat sibuk memindai keseluruhan halaman web secara berulang-ulang. Dan ketika dia menemukan sebuah link yang rusak, dia akan menghentikan memindai halaman tersebut dan beralih ke halaman lainnya.

Sedangkan jika pengguna situs menemukan link yang rusak, kemungkinan mereka akan enggan untuk melanjutkan membuka situs Anda. Pengguna tersebut akan menghabiskan waktu yang sedikit di situs Anda, kemudian algoritma mesin pencari akan menganggap konten situs Anda tidak berkualitas sehingga akan menurunkan peringkat situs dalam hasil pencarian. Jika ada pengguna menemukan banyak broken link di dalam situs, hal tersebut akan membuat mereka frustasi. Ingat, para pengguna akan membuka situs kita kembali jika mereka nyaman menggunakannya.

Broken link adalah hambatan dalam proses konversi. Tidak peduli berapa banyak waktu dan energi (dan uang) yang Anda telah habiskan  untuk mendapatkan pengguna masuk ke situs Anda, jika mereka tidak dapat mencapai titik konversi, semua usaha Anda akan sia-sia.

Cara Menemukan Broken Link:

Tentu saja kemudian bagaimana cara kita menemukan broken link di dalam situs kita? Ada banyak tool yang bisa digunakan untuk mengecek ada tidaknya broken link. Rasanya tidak mungkin kita membuka semua pertautan maupun konten dalam situs, hal tersebut akan menguras energi apalagi jika jumlah halaman di situs sudah banyak.

Anda bisa menggunakan google webmaster tools untuk melihat kesehatan situs Anda. Buka menu Crawl, untuk mengecek ada tidaknya broken link. Atau jika Anda berniat untuk mengecek semua pertautan di situs Anda, ketik saja “broken link checker” di Google. Maka Anda akan mendapatkan banyak sekali tool yang bisa digunakan.

 

2 Comments

  1. luung artikel ne ene, cocok untuk blogger…. koq ga ada adsense nya ?

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

*