Share

Salah satu pendekatan paling mudah untuk membangun dan mengelola situs web untuk perusahaan dan bisnis kecil adalah menggunakan Content Management System (CMS), atau perangkat lunak yang menyediakan alat untuk membuat situs web, kolaborasi dan administrasi bagi pengguna dengan sedikit pengetahuan tentang bahasa pemrograman. CMS sangat bervariasi, namun sebagian besar menyediakan kemampuan untuk membangun situs web dengan cepat, menyimpan konten, dan informasi lainnya di database, serta menawarkan antarmuka administrasi yang mudah digunakan bagi pengguna yang kurang teknis. Mereka menyediakan banyak manfaat dibandingkan metode pembuatan situs web lainnya, seperti mengunggah file secara manual ke server atau menggunakan platform blogging. Situs web CMS mengizinkan fitur konten dinamis tanpa perlu repot mengupdate file secara teratur, menawarkan pilihan desain yang disesuaikan, dan menyediakan fitur yang lebih luas.

Kini blogging jauh lebih luas dari sekdar menulis atau memposting foto, menemukan platform terbaik untuk kebutuhan blog Anda juga sangat penting. Anda ingin memiliki platform yang mudah digunakan dan memberi Anda berbagai fitur yang Anda inginkan untuk memberi audiens segala yang mereka butuhkan untuk membaca dan berinteraksi dengan blog Anda.

Berikut ini daftar CMS populer untuk blogging.

  1. WordPress
    wordpress
    WordPress adalah CMS terpopuler di dunia dan sangat cocok untuk blogger walaupun sering digunakan untuk membangun website yang lengkap, tidak hanya blog. Ada ratusan tema gratis yang bisa Anda gunakan. Anda dapat menginstal tema WordPress dengan mudah melalui antarmuka administrator WordPress dan menambahkan / menghapus / memodifikasi halaman dengan mudah. Komunitas WordPress yang besar dan aktif akan membantu Anda menangani semua permasalahn yang terjadi. Fitur penting adalah: fleksibilitas, manajemen pengguna dan media, sistem tema yang mudah, dilengkapi dengan fungsi plugin dll. Lebih lengkap klik di sini.

  2. Blogger
    Blogger

    Blogger adalah layanan milik Google dan salah satu platform blogging pertama. CMS ini juga dikenal karena pengaturannya yang sangat mudah dan antarmuka yang user-friendly. Menjalankan situs blog di Blogger benar-benar gratis dengan subdomain default : namabloh.blogspot.com. Blogger adalah CMS terbaik untuk memulai sebuah blog bagi mereka yang lebih menyukai kesederhanaan daripada fungsionalitas.
  3. Tumblr
    tumblr

    Tumblr secara familiar dikenal dengan konsep “micro-blogging”. Tumblr adalah platform blogging gratis yang sangat menarik yang dirancang bagi mereka yang lebih memilih untuk menerbitkan konten visual berupa gambar, video, infografis, kutipan, GIF animasi, dll. CMS ini dilengkapi dengan opsi berbagi yang tertanam yang berarti tidak perlu berbagi konten secara manual. Tumblr adalah tempat yang tepat bagi blogger yang ingin segera mempublikasikan posting mereka.
  4. Squarespace
    squarespace

    CMS Squarespace hadir dengan antarmuka yang user-friendly, editor WYSIWYG dan fitur built-in yang hebat untuk membuat situs web. Meskipun sistem pengelolaan konten ini tidak open source, namun pengguna bisa melakukan modifikasi pada kode HTML / CSS dan JavaScript. Dengan demikian, Squarespace adalah platform yang ideal bagi mereka yang bukan guru kode tapi ingin membangun situs yang bagus dan aman untuk penggunaan pribadi atau bisnis.
  5. MovableType
    MovableType

    MovableType adalah salah satu sistem pengelolaan konten blog yang memiliki basis pengguna setia dan kumpulan fitur yang hebat. CMS ini memiliki semua kualitas yang dibutuhkan untuk menciptakan tidak hanya blog tapi juga jenis situs web lainnya. Sangat mudah untuk menginstal dan menjalankan blog di MovableType. Pengguna juga bisa dengan mudah untuk membuat beberapa penyesuaian ke situs mereka. Kelemahan dari platform ini adalah masih memiliki komunitas yang relatif kecil untuk mendapatkan dukungan.
  6. Ghost
    ghost

    Meskipun merupakan platform CMS yang relatif baru, Ghost terus meningkat popularitasnya dan sudah cukup populer belakangan ini. Platform ini dirancang khusus untuk para blogger dan semua kebutuhan untuk blogging. Ghost memiliki antarmuka yang user-friendly, memberikan para blogger beragam widget serta menunjukkan statistik dengan cara yang sangat stylish. CMS ini memungkinkan pengguna untuk memilih antara mengunakan hosting senditi atau dengan cloud-hosted Ghost Pro.

Memilih CMS Blogging yang tepat tergantung kebutuhan anda. Secara keseluruhan ada banyak hal positif untuk menggunakan WordPress. WordPress adalah CMS yang paling populer untuk blogging maupun hal lainnya. Sangat mudah untuk mengelola konten, didukung dan dipelihara dengan baik, gratis, ada banyak Tema dan Plugin dan kinerjanya bagus dalam hal SEO.

Tips dan trik untuk blogger pemula