Share

Sangat mungkin untuk memulai pemrograman PHP di text editor dasar, seperti notepad, tapi akan lebih baik jika memulainya dengan IDE PHP yang lengkap seperti NetBeans. PHPStorm, Eclipse dan lainnya, khususnya jika menyangkut pengembangan web profesional dan bukan sekedar hobi atau belajar.

IDE (Integrated Development Environment) yang bagus hadir dengan banyak fitur yang memudahkan pengembangan untuk membantu pemrogramanan PHP yang lebih efektif. Karena jumlah dan gaya penulisan kode semakin meningkat dan bahasa pemrograman baru sering muncul, penting bagi pengembang perangkat lunak untuk memilih IDE yang tepat untuk mencapai tujuan. Di seluruh dunia, pengembang mengajukan pertanyaan yang sama: IDE mana yang terbaik untuk pengembangan PHP?

  1. NetBeans
    Netbeans adalah Integrated Development Environment (IDE) open source untuk pengembang perangkat lunak. Muncul dengan semua tool yang Anda butuhkan untuk membuat aplikasi web berskala besar yang mendukung hampir semua bahasa pemrograman termasuk C / C++, PHP, JavaScript, Groovy, Ruby dan lainnya. IDE ini berjalan di bawah platform Java, yang berarti Anda perlu menginstal java di PC Anda untuk menjalankan editor ini.
    Sistem operasi : Windows, Linux, MacOS
    Download
  2. Eclipse
    Eclipse adalah IDE yang paling banyak digunakan dan paling populer untuk pengembangan perangkat lunak. IDE ini memiliki PHP Development Kit yang tersedia gratis untuk diunduh dan eksklusif untuk pengembang PHP. Editor ini adalah editor PHP terbaik untuk proyek skala besar, namun untuk menggunakannya Anda mesti menginstal editor Java terlebih dahulu.
    Sistem operasi : Windows, Linux, MacOS
    Download
  3. Aptana Studio PHP Editor
    Aptana Studio dikembangkan oleh Aptana Inc. adalah editor HTML open-source terkemuka dan banyak orang tidak sadar bahwa IDE ini juga dilengkapi dengan dukungan PHP. Aptana Studio dikembangkan di platform Eclipse.
    Sistem operasi : Windows, Linux, MacOS
    Download
  4. Codelobster PHP Edition
    CodeLobster memungkinkan untuk menginstal debugger secara otomatis. Bebagai plugin dalam IDE ini memungkinkan pengoperasian dengan CMS dan framework yang terkenal: Facebook, CakePHP, Joomla, WordPress, Drupal, Smarty, Jquery, Symfony, CodeIgniter, Yii.
    Sistes operasi : Windows
    Download
  5. Zend Studio
    Zend Studio adalah salah satu IDE PHP yang sangat komprehensif yang tersedia. Send Studio memiliki PHP dan Javascript debug yang sangat kuat, kolaborasi dengan tim dan alat server jarak jauh. Studio Zend adalah salah satu IDE PHP dengan harga tertinggi, meski memiliki versi gratis namun tidak hadir dengan fitur yang sangat bagus.
    Sistem operasi : Windows, Linux, MacOS
    Download
  6. Komodo IDE
    Komodo ActiveState adalah IDE PHP yang dapat digunakan sebagai tool untuk pengembangan bahasa Ruby, Perl, dan Tcl Python. IDE ini dapat diinstal dengan menggunakan framework Smarty dan Zend PHP. Anda juga bisa menggunakan tool yang terintegrasi mencakup sistem kontrol versi (CVS, Subversion dan Perforce).
    Sistem operasi : Windows, Linux, MacOS
    Download
  7. PhpStorm
    PhpStorm sangat cocok untuk bekerja dengan Symfony, Drupal, WordPress, Zend Framework, Laravel, Magento, CakePHP, Yii, dan PHP framework lainnya. Banyak Banyak tugas rutin yang langsung bisa dikerjakan dari IDE, berkat integrasi Sistem Kontrol Versi, dukungan untuk penyebaran jarak jauh, database / SQL, alat baris perintah, Vagrant, Composer, REST Client, dan banyak tool lainnya.
    Sistem operasi : Windows, MacOS, Linux
    Download
  8. PHP Designer
    phpDesigner 8 adalah IDE PHP yang cepat dan hebat dengan editor HTML5, CSS3 dan JavaScript. IDE yang dapat disesuaikan dengan tampilan sintaks yang cerdas, dukungan debug, analisis sintaks, dukungan untuk pengkodean berorientasi objek, kode template, cuplikan kode, to do dan manajer bug, bekerja dengan proyek dan kerangka kerja, navigasi kode intuitif, format kode dan minify dan semua ada dalam antarmuka pengguna intuitif yang bagus.
    Sistem operasi : Windows
    Download
  9. PhpED
    PhpED adalah Integrated Development Environment untuk PHP, HTML, CSS, XML, SMARTY, XHTML dan lainnya. Sebuah kombinasi kode editor yang canggih, dengan debugger dbg yang andal, konektivitas database yang produktif dan kemampuan penyebaran yang cepat dan aman menjadikan PhpED solusi lengkap untuk kebutuhan pengembang yang canggih.
    Sistem operasi : Windows
    Download
  10. Sublime Text 3
    Sublime Text 3 memiliki banyak fitur dan shortcut untuk programmer. Anda bisa mempelajari berbagai cara pintad untuk bekerja dengan proyek atau menangani tab tanpa mengeklik mouse Anda. Sublime Text 3 sangat ringan, editor kode cross-platform dikenal dengan kecepatan, kemudahan penggunaannya.
    Sistem operasi : MacOS, Windows, Linux
    Download