Share

Booming ecommerce saat ini membuat semua aktivitas ekonomi mulai mengalami pergeseran dari offline ke online. Baik itu dalam bidang perdagangan maupun jasa, ketersediaan toko online adalah sebuah keharusan. Di Indonesia selain pemain-pemain besar dalam dunia ecommerce, para pelaku ekonomi dengan omset menengah ke bawah pun berlomba-lomba untuk memiliki toko online. Selain mempermudah dalam menyajikan produk, toko online akan semakin mendekatkan penjual dengan pembeli.

Ada banyak sekali platform ecommerce yang tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan. Ada yang total gratis ada juga yang berbayar untuk mendapatkan layanan enterprise. Semuanya menawarkan kemudahan di dalam membangun toko online, dan betul-betul codeless sehingga orang awam pun bisa membuat website tanpa perlu tahu kode-kode html.

Berikut ini daftar platform ecommerce terbaik saat ini :

  • Magento
    magento
    Magento mungkin masih yang terbaik saat ini, tapi Anda mesti membayar untuk mendapatkan dukungan enterprise. Tapi jangan salah, Anda masih bisa menggunakan versi yang gratis Magento Community Edition. Magento versi ini tetap menawarkan banyak fitur seperti mengelola banyak toko, pilihan bahasa dan pilihan mata uang.
    Anda bisa mencoba platform gratis ini terlebih dahulu sebelum berpikir untuk mengambil yang versi enterprise. Komunitas Magento yang sangat besar akan membantu Anda ketika menemukan masalah. Nike dan Samsung menggunakan Magento, silakan download di sini.
  • Prestashop
    prestashop
    Salah satu platform ecommerce yang saya sukai, karena memang dibangun untuk kebutuhan ecommerce. Lebih dari 250,000 toko telah menggunakan Prestashop, tentunya karena sangat populer dan sangat mudah digunakan. Banyak plugin yang akan membantu Anda untuk melengkapi situs, seperti perhitungan ongkos kirim, diskon, dan lain-lain. Tapi kendalanya kita agak kesulitan untuk kostumisasi tampilan, akan lebih baik jika kita membeli tema dan plugin sesuai dengan kebutuhan. Lebih lengkapnya di sini.
  • OpenCart
    opencart
    Platform ini sangat populer untuk usaha kecil, di mana tidak memiliki orang yang mengerti akan pemrograman. Keunggulan dari platform ini adalah kesederhaannya yang membuat sangat mudah digunakan oleh orang awam. Tentunya sama seperti platform yang lain, plugin-plugin akan sangat berguna sekali. Tapi Anda mesti hati-hati dengan kompatibilitas dari plugin, karena update mungkin tidak pernah dilakukan. Mau mencobanya? silakan ke sini.
  • osCommerce
    oscommerce
    Dengan lebih dari 260,000 toko online, pengembang dan penyedia layanan osCommerce menawarkan jaringan dukungan yang luas. Jika Anda menemui kesulitan dengan platform ini, maka yakinlah orang lain telah mengalaminya terlebih dahulu dan Anda akan mendapatkan solusinya dengan mudah. Anda akan betul-betul menikmati berbagai kostumisasi dalam merancang dan mengoptimisasi dari toko online Anda. Download di sini.
  • WooCommerce
    woocommerce
    Woocommerce adalah sebuah plugin dari WordPress, CMS instan yang bisa dibilang sangat populer di dunia blogging. Keunggulannya karena terintegrasi dengan WordPress membuatnya sangat mudah untuk diinstal dan dikelola. Tapi kelemahannya, tentunya hanya dapat digunakan di WordPress. Anda bisa melihatnya lebih jauh di sini.

Sebenarnya masih banyak platform ecommerce lainnya yang juga sangat baik. Tapi sepertinya di Indonesia kebanyakan orang memakai ecommerce-ecommerce di atas. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari plafform ecommerce, membayar tema dan plugin adalah mutlak. Bukan memilih yang terbaik, tapi bagaimana cara kita mengoptimalkannya. 🙂