Share

Raspberry Pi adalah single-board computer yang seukuran dengan kartu kredit dan dapat digunakan untuk menjalankan program perkantoran, menggunakan internet, permainan komputer, dan sebagai pemutar media hingga video beresousi tinggi. Raspberry Pi dikembangkan oleh yayasan nirlaba, Rasberry Pi Foundation, yang didukung oleh sejumlah pengembang dan ahli komputer dari Universitas Cambridge, Inggris.

Harga perangkat ini cukup murah, hanya sekitar $35. Dengan spesifikasi yang setara dengan perangkat smartphone saat ini, Raspberry merupakan pilihan cerdas untuk mendapatkan pengalaman PC dengan budget minim. Berikut ini spesifikasinya : Quad Core 1.2GHz Broadcom BCM2837 64bit CPU, 1GB RAM, BCM43438 wireless LAN dan Bluetooth Low Energy (BLE) , 40-pin extended GPIO, 4 port USB 2, 4 Pole stereo output dan port composite video, port HDMI, port CSI camera, port DSI display, port Micro SD sebagai tempat storage.

Mungkin Anda akan sedikit kebingungan untuk menentukan sistem operasi yang akan digunakan. Di bawah ini adalah daftar sistem operasi terbaik untuk Raspberry Pi saat ini :

  1. Raspbian
    raspbian
    Raspbian adalah OS terbaik untuk Raspberry Pi, dan juga didukung secara resmi. Raspbian adalah OS ringan yang berbasis distribusi Debian. Raspbian  dirancang khusus untuk bekerja pada perangkat Raspberry Pi. Hadir dengan perangkat lunak pra-instal seperti browser web, LibreOffice, klien email, dll. Anda akan dengan mudah menemukan panduan serta berbagai pemecahan masalah untuk Raspbian. Ada puluhan video yang tersedia di YouTube juga untuk belajar menggunakan OS Raspbian.
  2. Ubuntu Mate
    ubuntu mate
    Ubuntu MATE adalah OS yang stabil dan sederhana, yang membawa desktop MATE yang dapat dikonfigurasi namun masih ringan pada penggunanya. Sehingga sangat baik untuk perangkat yang memiliki spesifikasi perangkat keras yang minim, cocok untuk perangkat Raspberry Pi yang tidak dapat menjalankan desktop komposit. Desktop MATE hadir dengan aplikasi penting seperti pengelola file, editor teks, pengelola gambar, memonitor sistem, pengelola dokumen dan terminal.
  3. Snappy Ubuntu
    Snappy Ubuntu
    Snappy Ubuntu ditujukan untuk di cloud computing dan merupakan versi yang lebih ringan dari OS Ubuntu yang terkenal. Berbeda dengan Ubuntu MATE, OS ini memberikan pendekatan sederhana untuk instalasi dan penghapusan instalasi dan aplikasi yang tidak diperlukan. Snappy Ubuntuk adalah salah satu sistem operasi Raspberry Pi yang paling direkomendasikan. Manajemen sistem transaksional membuatnya lebih cepat, handal, dan aman. Snappy Ubuntu Core 15.04 dapat didownload dan dimuat pada kartu SD dengan ruang penyimpanan 4GB. Pembaruan dilakukan secara otomatis, sehingga Anda akan mendapatkan aplikasi yang selalu ter-update setiap kali Anda menggunakannya di perangkat Raspberry Pi.
  4. Windows 10 IOT
    windows 10 iot
    Jika Anda membeli Raspberry Pi 3 untuk coding atau pemrograman secara khusus, Windows 10 IoT Core adalah pilihan terbaik untuk digunakan. Raspberry Pi tidak akan mendukung versi Windows 10 yang sama dengan yang kita gunakan di PC kita, namun menggunakan versi OS yang sedikit lebih sederhana dan ringan. Anda perlu menginstal Visual Studio pada Raspberry Pi Anda yang diperlukan untuk mengendalikan dan memprogram perangkat Anda jika Anda ingin menggunakan OS Windows.
  5. Risc OS Pi
    RiscOS pi
    Jika Anda mencari sesuatu yang berbeda dari Sistem Operasi tradisional untuk Raspberry Pi 3, cobalah OS RISC Pi. OS ini tidak dibangun dengan Linux dan tidak mendukung proyek prototipe elektronik, namun ini adalah keseluruhan konsep baru OS yang bekerja dengan sendirinya. Jadi, jika Anda adalah tipe orang yang penasaran dan ingin bermain-main dengan Pi Anda, maka Anda harus mencoba Sistem Operasi ini. OS ini didasarkan pada Sistem Mikrokomputer BBC dan lebih sederhana daripada tradisional. OS RISC Pi memiliki USP super responsif (Universal Storage Platform). Versi minimal OS ini yang dinamakan RISC OS Pico cocok untuk para hacker Pi. Anda hanyamemerlukan kartu SD 2GB untuk menjalankan OS ini pada perangkat Pi Anda
  6. RetroPi
    Retropie
    Retro Pi adalah platform game all-in-one yang mengubah Raspberry Pi menjadi mesin game retro kelas tinggi. OS dibangun di atas proyek Raspbian, EmulationStation, dll, yang berarti Anda tidak perlu menjadi pengguna Linux yang ahli. Anda bisa langsung menginstalnya di OS Raspbian Anda. RetroPi dapat dikonfigurasi dan disesuaikan dengan alat built-in Retro Pi sesuai kebutuhan Anda.
  7. OSMC
    osmc
    OSMC (Open Source Media Center) mungkin adalah perangkat lunak media center yang paling kaya fitur. Saat ini, OSMC adalah perangkat lunak termudah untuk digunakan dengan perangkat Pi untuk opsi media center. OS dibangun berdasarkan Kodi (sebelumnya dikenal sebagai XBMC) namun memiliki fungsi yang lebih mudah. Memiliki antarmuka yang bersih dan tampilan yang sama sekali berbeda dari Kodi, yang tidak akan membuat Anda bingung. Menu disebelah kiri membantu Anda memilih media untuk dimainkan, mengubah pengaturan, dan memeriksa program lain. Mendukung berbagai plug-in Kodi berbasis Debian untuk mendukung proyek-proyek DIY.
  8. Pidora
    pidora
    Sebagian besar pengguna Raspberry masih menggunakan Raspbian, namun Sistem Operasi yang baru dan canggih akan memberikan persaingan yang ketat untuk itu. Dan salah satu Sistem Operasi terbaru ini adalah New Pidora 2014. Ini adalah versi remix dari OS Fedora yang populer untuk Raspberry Pi. Fedora terbaru dibangun dengan arsitektur ARMv6. Komponen dan aplikasi carry forwarded dari Fedora menawarkan kecepatan yang lebih besar saat menggunakan OS Pidora di Raspberry Pi.
  9. Arch Linux ARM
    Arch Linux ARM
    Arch Linux ARM adalah seri sederhana dari Arch Linux. OS akan memberi Anda kendali penuh atas perangkat Pi Anda. Struktur dasarnya yang sederhana akan memberi Anda akses untuk membentuk sistem sesuai dengan kebutuhan Anda. Dukungan kernel dan perangkat lunak ditargetkan untuk ARMv6 hard-float dan ARMv7, ARMv5te, dan ARMv8 AArch64. OS yang ditargetkan untuk pengguna awam dan sederhana.
  10. Sarpi
    sarpi
    Penggemar Slackware Linux telah membuat produk komunitas bernama Slackware ARM di Raspberry Pi (SARPi). OS disebut sebagai salah satu Sistem Operasi Raspberry Pi terbaik hari ini. Anda akan diberi tutorial yang berisi langkah-demi-langkah, cara menginstal dan menggunakan Slackware ARM pada panduan Raspberry Pi. Anda dapat mendownload dan menginstalnya pada kartu SD 8GB. Sarpi mendukung sebagian besar aplikasi yang dibuat untuk arsitektur ARM.