Memainkan Kembali Game PS1 Di PC Atau Laptop

Share

Menyambung artikel sebelumnya mengenai game sepak bola winning eleven di PS1 atau PSX. Kali ini saya akan membahas emulator untuk memainkan game PS1 di PC atau laptop. Banyak orang ternyata ingin bernostalgia dengan memainkan game-game PS1 tersebut. Tapi rasanya malas untuk membeli konsolnya, sehingga emulator merupakan jawaban mengenai masalah ini.

Ada banyak emulator untuk menjalankan game-game PS1 di PC. Kebetulan saya menggunakan windows, sehingga mencari emulator untuk windows. Dari sekian banyak emulator itu, ada yang sangat stabil untuk digunakan yaitu : ePSXe.

Untuk mendownload emulator silakan klik di sini.

Kemudian ekstrak file zipnya dan buka. Untuk memulainya klik ganda file ePSXe.exe

Konfigurasinya sangat gampang, Anda tinggal mengklik tombol next sampai selesai. Tampilan ePSXe seperti di bawah ini :

ePSXe

Jangan lupa untuk mengatur gamepad Anda pada emulator ini. Klik menu config -> gamepads dan atur sesuai dengan gamepad Anda. Tampilannya seperti di bawah ini :

pad

Dan kemudian tentunya ada yang kurang, ya game nya belum ada. Untuk mendownload game bisa Anda lakukan di sini. Ada banyak sekali game PS1 yang bisa didownload di sana. Pada saat artikel ini ditulis, peringkat pertama adalah Tekken 3. Setelah berhasil mendownload game (rata-rata ukuran game diatas 200MB), bisa diekstrak dan kemudian dijalankan dari emulator. Pilih menu file -> run iso dan browse file game yang sudah diekstrak tadi.

Game-game favorit saya dulu:

  1. CTR (Crash Team Racing) : Game balap yang juga sekaligus berkelahi dengan pemain lain. Kita bisa bisa menembak musuh dengan bom dan rudal, memasang ranjau, dan senjata utama yaitu uga uga.
  2. Nascar Rumble : Mirip dengan CTR tapi dengan mobil nascar dan track yang lebih nyata. Yang paling konyol, kita bisa mengirim angin puting beliung untuk musuh.
  3. Winning eleven : Game sepak bola yang sudah pernah saya tulis pada artikel sebelumnya di sini.
  4. Grand Turismo 2 : Game balap mobil yang pakai 2 CD untuk memainkannya. Anda mesti memiliki lisense untuk membalap dari tingkat yang mudah sampai yang sulit. Ada balapan dengan label endurance, di mana kita akan balapan sampai 2 jam. Saya dulu gantian main dengan adik saking lamanya.
  5. Metal Slug : Game tembak-tembakan seperti Super Contra. Bahkan sampai sekarang pun, game ini masih sangat populer meskipun masih 2D.
  6. Fisherman’s Bait : Game memancing ikan yang sangat menantang. Kita bisa mendapatkan ikan dengan label monster di game ini.

Dulu saya sampai punya koleksi game ratusan, di simpan dalam 2 kardus hehehehe…. Bagi yang ingin bernostalgia, silakan download dan mainkan.

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

*