Share

Menyambung artikel saya sebelumnya mengenai bagaimana cara konversi ke file CSV dengan PHP, pada kesempatan ini saya akan menulis artikel tentang export data ke format PDF dengan menggunakan PHP.

Seperti yang kita ketahui, PDF (Portable Document Format) adalah format file yang digunakan untuk menyajikan dokumen dengan cara yang independen dari perangkat lunak aplikasi, perangkat keras, dan sistem operasi. PDF didukung oleh semua sistem operasi, sehingga menjadi standarisasi di dalam pembuatan laporan.

Pada tutorial ini, saya menggunakan FPDF untuk membuat file PDF dengan PHP. FPDF adalah class PHP yang memungkinkan untuk menghasilkan file PDF dengan PHP murni, artinya tanpa menggunakan perpustakaan PDFLib. F dari FPDF merupakan singkatan dari Free. Anda dapat menggunakannya untuk setiap jenis penggunaan dan memodifikasi sesuai kebutuhan Anda. Silakan klik di sini untuk men-download FPDF.

Mengikuti tutorial sebelumnya, saya menggunakan database dengan nama db_belajar. Buat table tb_anggota, dengan script di bawah ini :

Kemudian isi data pada table tersebut, dengan script :

 

Buat file untuk koneksi ke database (db.php) :

Download FPDF dan extract di folder root atau di manapun dalam aplikasi Anda. Buat file untuk men-generate file PDF (createpdf.php), seperti contoh di bawah :

Contoh di atas masih sangat sederhana sekali. Anda bisa menambahkan header, link, gambar, dan lainnya dengan menggunakan FPDF. Selamat berkreasi 🙂