Share

windows 95 welcome screen

Dulu masih ingat sekali, ketika pertama kali memiliki PC di rumah. Dengan berbekal procie Intel Pentium 1 100MHz, HD 500MB, ukuran RAM nya lupa :D. Diinstal sistem operasi Windows 95. Membuat laporan dengan ms office, mendengarkan lagu mp3, serta main game. Dahsyat sekali!

Sebuah lompatan besar bagi Microsoft kala itu, membuat perubahan dari 16 bit ke 32 bit. Windows 95 didesain untuk kompabilitas dan pengalaman pengguna yang diutamakan. Oleh karena itu, Windows 95 menjadi sistem operasi idaman untuk masa depan. Windows 95 hanya ditawarkan pada perangkat komputer baru, karena banyak hal yang tidak kompatibel dengan perangkat yang lebih jadul pada saat itu. Pada rilis rilis berikutnya, Microsoft membuat patch supaya sistem operasi ini bisa berjalan pada perangkat yang lebih tua. Pada saat itu, Microsoft mendapatkan minat yang sangat luas dari pengguna komputer rumahan.

Gambaran Windows 95 seperti di bawah ini.

Ruang Lingkup Pengguna
– Penggunaan pribadi
– PC Games
– Aplikasi perkantoran
– Jaringan

Struktur Informasi
– Sistem operasi 32-bit, dengan kode 16-bit
– Pengalamatan sampai  512 MB RAM
– Ukuran file sampai 4 GB

Lingkungan Sistem
– Shell adalah “Explorer.exe”, Program Manager optional “Progman.exe” dari Windows 3.1 yang dimasukkan
– Kebutuhan perangkat keras minimal : 4 MB RAM, 50 MB kapasitas harddisk
– Integrasi dengan Internet Explorer 3.0
– Mendukung FAT32 (sejak Versi B), FAT16, VFAT
– Belum mendukung multitasking untuk aplikasi 32-bit
– Mendukung multitasking untuk aplikasi 16-bit
– Mode power save ACPI didukung sebagian
– Kompatibel dengan procie x86

Fitur
– Plug and play, mendukung banyak device drivers
– Kompatibel dengan DOS, Windows 3.x
– Banyak software
– Tidak mendukung multiprocessing
– keamanan yang lemah dalam jaringan
– Kompatibel dengan sistem arsitektur lama (aplikasi 16-bit)
– Skala yang buruk.

Banyak fitur yang menjadi komponen kunci pada setiap seri MS Windows. Seperti start menu atau taskbar, itu secara original dimulai dari Windows 95. Jika Anda pernah menggunakan Windows 95, pasti Anda pernah menggunakan floppy disk drive :D. Sebentar lagi, tepatnya 24 Agustus, Windows 95 akan tepat berumur 20 tahun.

Tentunya kalau dibandingkan dengan yang sekarang, sistem operasi Windows 95 sudah sangat sepuh. Sistem operasi sekarang baik itu Windows, Linux, ataupun Macintos sudah sangat mendetail dari segi grafik maupun sangat luas didalam penggunaannya. Baik itu untuk penggunaan kantoran, developer, gamer maupun desain grafis.

Jika Anda berniat menjajal kembali sistem operasi ini, Anda bisa mengikuti langkah-langkah seperti di tutorial ini : Installing Windows 95 on Qemu

“It’s Now Safe To Turn Off Your Computer”