Share

MySQL adalah sistem manajemen basis data open source yang cepat, handal dan stabil (RDMS – Relational Database Management System). Ada beberapa alasan mengapa MySQL populer untuk penggunaan aplikasi web, proyek Web 2.0, Saas, ISV dan open source seperti LAMP. MySQL dapat membantu pengguna menghemat waktu dan uang. MySQL bisa digunakan untuk bisnis kecil dan besar. RDBMS ini dikembangkan, dipasarkan dan didukung oleh MySQL AB, sebuah perusahaan Swedia. MySQL ditulis dalam C dan C ++.

Perangkat lunak server MySQL itu sendiri menggunakan distribusi lisensi ganda. Mereka ditawarkan di bawah GPL versi 2,  mulai tanggal 28 Juni 2000  (yang pada tahun 2009 telah diperpanjang dengan pengecualian lisensi FLOSS) atau untuk menggunakan lisensi proprietary.

Berikut adalah alasan utama mengapa Anda harus menggunakan MySQL :

  1. Keamanan Data
    MySQL terkenal secara global karena menjadi sistem manajemen basis data yang paling aman dan andal yang digunakan dalam aplikasi web populer seperti WordPress, Drupal, Joomla, Facebook dan Twitter. Keamanan data dan dukungan untuk pemrosesan transaksional yang menyertai versi MySQL terbaru, dapat sangat menguntungkan bisnis apa pun terutama jika itu adalah bisnis eCommerce yang melibatkan transfer uang.
  2. Skalabilitas On-Demand
    MySQL menawarkan skalabilitas yang tak tertandingi untuk memudahkan pengelolaan suatu aplikasi baik itu yang bersifat kecil hingga besar. Fleksibilitas on-demand adalah fitur bintang dari MySQL. Solusi open source ini memungkinkan kustomisasi yang lengkap untuk bisnis eCommerce dengan server database yang stabil.
  3. Performa Yang Tinggi
    MySQL memiliki kerangka penyimpanan engine yang berbeda yang memudahkan administrator sistem untuk mengkonfigurasi server database MySQL dengan kinerja yang sempurna. Entah itu situs web eCommerce yang menerima satu juta query setiap hari atau sistem pemrosesan transaksional berkecepatan tinggi,. MySQL dirancang untuk memenuhi aplikasi yang paling memerlukan kecepatan optimal, serta cache memori yang stabil untuk peningkatan kinerja aplikasi.
  4. Fleksibilitas Dari Open Source
    MySQL adalah database open source sehingga Anda tidak perlu membayar satu sen pun untuk menggunakannya. MySQL dapat disesuaikan karena merupakan database open source dan lisensi open-source GPL yang memudahkan programmer untuk memodifikasi perangkat lunak SQL sesuai dengan lingkungan spesifik mereka sendiri.
  5. Didukung Oleh Banyak Sistem Operasi Dan Bahasa Pemrograman
    MySQL bisa digunakan di banyak sistem operasi seperti AIX, BSDi, FreeBSD, HP-UX, eComStation, i5/OS, IRIX, Linux, macOS, Microsoft Windows, NetBSD, Novell NetWare, OpenBSD, OpenSolaris, OS/2 Warp, QNX, Oracle Solaris, Symbian, SunOS, SCO OpenServer, SCO UnixWare, Sanos and Tru64. Serta didukung oleh banyak bahasa pemrograman seperti PHP, PERL, C, C ++, JAVA, dll.
  6. Dukungan Dari Banyak Tool
    MySQL juga bisa dengan mudah dikelola dengan menggunakan alat visual seperti phpMyAdmin, SQLYog, HeidiSQL, Navicat, dll. Dan tentunya dengan berbagai tool ini akan sangat membantu para pemula.

MySQL adalah komponen utama perangkat lunak aplikasi LAMP. LAMP adalah akronim untuk “Linux, Apache, MySQL, Perl / PHP / Python”. MySQL sangat bersahabat dengan PHP, bahasa yang paling populer untuk pengembangan web.

Untuk melihat artikel dan tutorial lainnya mengenai MySQL, silakan klik di sini.