Share

Mungkin banyak yang belum tahu aplikasi Wordstar dan Lotus, saya sendiri mengenalnya pada akhir tahun 90an melalui kursus komputer di sekolah. Dan itu menjadi satu-satunya kesempatan menggunakan dua aplikasi ini. PC yang digunakan jaman dulu masih menggunakan Windows 95, saya tidak mengerti mengapa pihak penyedia kursus memberikan materi Wordstar dan Lotus padahal sudah ada Microsoft Office. Ah… sudahlah…

Wordstar

WordStar adalah aplikasi pengolah kata yang memiliki pangsa pasar dominan selama awal hingga pertengahan 1980-an. Aplikasi ini dibuat oleh MicroPro International, dan ditulis untuk sistem operasi CP / M namun kemudian diporting ke DOS. Meskipun Seymour I. Rubinstein adalah pemilik utama perusahaan, Rob Barnaby adalah satu-satunya penulis versi awal dari perangkat lunak ini. Dimulai dengan WordStar 4.0, program ini dibangun di atas kode baru yang ditulis oleh Peter Mierau.

Wordstar adalah produk yang menemukan gagasan “what you see is what you get” yang kemudian lebih familiar dengan istilah WYSIWYG.  Wordstar, mungkin salah satu usaha terbesar dalam pengembangan perangkat lunak dalam sejarah komputasi. Ternyata versi terakhir yang dirilis adalah WordStar 7.0d tahun 1999 atau 17 tahun yang lalu. Setelah sempat mendominasi, WordStar disapu bersih oleh WordPerfect, yang kemudian dihapus oleh MicrosoftWord.

wordstar

Bagi Anda yang mau mencoba Wordstar, silakan download di sini. Kalau mau tutorialnya, bisa di download di sini.

Lotus 1-2-3

Spreadsheet telah digunakan oleh akuntan selama ratusan tahun. Sehingga komputerisasi spreadsheet adalah sebuah keharusan untuk membuat pekerjaan menjadi lebih cepat. Lotus 1-2-3 merupakan program spreadsheet yang sudah dihentikan pengembangannya oleh Lotus Software (kemudian bagian dari IBM). Aplikasi ini adalah aplikasi andalan dari PC IBM, sangat populer di tahun 1980-an dan memberikan kontribusi signifikan terhadap keberhasilan PC IBM.

Lotus 1-2-3 membuat semua hal menjadi lebih mudah untuk menggunakan spreadsheet dan menambahkan grafik terpadu, merencanakan dan kemampuan dalam database. Lotus 1-2-3 dibangun sebagai software spreadsheet dengan fitur  penyajian data serta alat perhitungan yang kompleks. Lotus juga sebagai vendor spreadsheet pertama yang memperkenalkan penamaan kolom, rentang kolom dan macro spreadsheet.  Lotus 1-2-3 masih menjadi salah satu paket perangkat lunak dengan penjualan terbaik sepanjang masa  di dunia.

lotus

Bagi yang ingin mencoba Lotus 1-2-3, silakan download di sini. Tutorialnya silakan download di sini.

Memang kedua perangkat lunak di atas sudah tidak lagi dipergunakan lagi saat ini, selain sudah banyak aplikasi besar seperti Microsoft Office, Libre Office, dll. Sudah ada layanan cloud seperti punya Google Docs.