Share

Saat ini semakin banyak kegiatan usaha yang menggunakan media internet untuk mempromosikan produknya. Baik itu usaha menengah maupun bawah. Semakin murahnya akses internet dan mudahnya membuat website adalah beberapa faktor yang mendukung. Bahkan orang awam pun bisa dengan mudah membuat website sekarang dengan bantuan CMS instan. Ketika akan membangun website maka, kita akan berhadapan dengan web hosting dan domain (Pedoman membeli domain).

Apa itu web hosting dan mengapa kita membutuhkannya?

Web hosting adalah layanan yang memungkinkan organisasi dan individu memposting situs web atau halaman web ke internet. Sebuah host web, atau penyedia layanan web hosting, adalah bisnis yang menyediakan teknologi dan layanan yang dibutuhkan untuk situs web atau halaman web untuk bisa diakses dalam jaringan internet. Situs web Anda disimpan di komputer khusus yang disebut server.

Bila pengguna internet ingin melihat situs web Anda, yang perlu mereka lakukan hanyalah mengetikkan alamat situs atau domain Anda di dalam web browser mereka. Komputer mereka kemudian akan terhubung ke server Anda dan kemudian halaman web Anda akan dikirimkan kepada mereka melalui web browser.

Berikut ini beberapa parameter yang bisa Anda gunakan sebelum menentukan membeli web hosting :

  1. Ketersediaan
    Ketersediaan/availability adalah istilah teknis yang digunakan di industri untuk mengukur kehandalan. Anda mesti mencari host web yang dapat menawarkan ketersediaan tinggi. Dengan kata lain, mereka akan menjamin bahwa situs Anda akan tetap online dan tidak akan gagal karena kesalahan dengan server mereka atau offline untuk waktu yang lama selama masa perawatan/maintenance.
  2. Bandwidth
    Bandwidth adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan jumlah data yang Anda kirim dari server ke web browser pengunjung Anda. Setiap kali seseorang membuka salah satu halaman situs Anda di komputer atau perangkat mobile mereka, maka situs web Anda akan menggunakan bandwidth. Jika Anda memiliki situs yang memiliki banyak konten berat, seperti file media besar (video, gambar, musik, dll.) Anda akan menggunakan cukup banyak bandwidth.
  3. Alokasi tempat penyimpanan (storage)
    Jumlah ruang disk yang Anda perlukan tergantung sepenuhnya pada website Anda. Jika website Anda adalah bisnis kecil yang ingin menjalankan tidak lebih dari sebuah situs web, maka Anda tidak akan memerlukan ruang disk yang besar sama sekali. Namun, jika Anda adalah perusahaan besar yang mengumpulkan sejumlah besar data dan menjalankan aplikasi lainnya, Anda pasti akan membutuhkan lebih banyak ruang untuk menyimpan semua informasi dan program yang Anda butuhkan.
  4. Dukungan teknis
    Mengelola situs web bisa menjadi sangat teknis dan terkadang masalah terjadi karena Anda tidak tahu cara mengatasi atau yang perlu dipecahkan oleh host web Anda. Untuk alasan ini, Anda memerlukan host web yang menyediakan layanan dukungan 24 jam sehari, 365 hari dalam satu tahun. Tentunya Anda tidak ingin situs Anda offline pada hari Jumat malam dan tidak dapat menghubungi host web Anda sampai Senin pagi.
  5. Kebebasan menggunakan layanan
    Agar situs web Anda berfungsi sesuai dengan yang Anda inginkan, ada berbagai operasi teknis yang mungkin ingin Anda lakukan. Ketika Anda melihat pilihan FTP, PHP, .htaccess, MySQL, atau cron di dalam control panel, kemungkinan besar Anda memiliki pengetahuan yang lebih dalam mengelola sebuah situs web.
  6. Dukungan SSL
    Secara sederhana, SSL adalah perangkat lunak yang memungkinkan situs web mengenkripsi data yang dikirim dari web browser pengguna ke server Anda. Jika Anda menjalankan situs web yang menerima pembayaran atau informasi pribadi dari pelanggan, kemungkinan besar Anda akan memerlukan sertifikat SSL – terutama karena Google memperingatkan pelanggan bahwa situs web tanpa https tidak aman. Apa itu http dan https?
  7. Dukungan email
    Bila Anda membeli paket hosting, Anda juga harus memeriksa layanan email yang disertakan dengannya. Anda harus memastikan bahwa Anda dapat mengatur akun email yang memiliki domain yang sama dengan situs web Anda (misalnya info@domainanda.com). Pastikan Anda dapat menggunakan berbagai metode akses seperti POP3 dan IMAP.
  8. Control Panel
    Control Panel adalah tempat Anda mengelola situs web dan server Anda. Control Panel memungkinkan Anda membuat perubahan pada situs Anda, menambahkan fitur baru dan menginstal perangkat lunak dan pembaruannya.
  9. Keamanan
    Keamanan web menjadi semakin penting dan pilihan host web Anda dapat membuat perbedaan besar pada seberapa baik situs Anda dilindungi. Anda memerlukan host web yang dapat menawarkan firewall yang kuat dan pemantauan untuk mempertahankan diri dari serangan malware. Selain itu, host web Anda harus menyediakan layanan backup sehingga jika situs Anda diserang, Anda dapat memulihkannya dengan mudah dan dalam waktu singkat.
  10. Sistem operasi
    Secara umum, kebanyakan host web menawarkan sistem operasi Linux atau Windows untuk situs web mereka. Sebagian besar pengguna mungkin kebingungan memilih sementara Windows adalah OS utama untuk komputer rumahan/kantor, Linux adalah pilihan utama untuk menjalankan situs web.

Semoga bermanfaat 🙂