Share

Sudah dari dua minggu yang lalu demam game Pokemon Go melanda hampir di selusuh dunia. Meskipun pada awalnya hanya dirilis di beberapa negara, tapi kemudian dengan cepat menyebar tak terkecuali di Indonesia. Game ini memang ditunggu-tunggu oleh banyak penggemar game Pokemon atau juga gamer mobile lainnya. Dikarenakan game ini memakai teknologi augmented reality yang bisa dibilang sebuah revolusi di dalam pengalaman bermain mobile gaming.

Kemudian muncul pertanyaan apa itu augmented reality (AR)? Tentunya kita lebih populer dengan virtual reality, karena banyak vendor teknologi telah memulai menggarap perangkat virtual reality (VR). Bahkan sekarang kita sudah bisa membelinya, meskipun saat ini harganya masih terkesan mahal.

Apa itu Augmented Reality (AR) ?

Augmented Reality (AR) adalah teknologi dimana komputer menghasilkan lapisan tambahan/komponen digital di atas sebuah realitas dan membuatnya lebih bermakna melalui kemampuan untuk berinteraksi dengan kompunen digital tersebut. AR dikembangkan menjadi aplikasi dan digunakan pada perangkat mobile untuk memadukan komponen digital ke dunia nyata sedemikian rupa dan terlihat keduanya merupakan satu kesatuan, tetapi juga dapat dikatakan terpisah dengan mudah.

Teknologi ini dengan cepat menjadi tren, misalnya pada game Pokemon Go dimana kita bisa menangkap pokemon di layar dengan latar belakang dunia nyata. Dan terkesan nyata, karena jika HP digerakkan hal ini juga akan berimbas pada layar.

Apa itu Virtual Reality (VR) ?

Virtual reality (VR) adalah teknologi dimana komputer menghasilkan dunia maya dan pengguna dapat berinteraksi dengannya, tentunya menggunakan perangkat khusus. Dunia maya ini harus dirancang sedemikian rupa sehingga pengguna akan merasa sulit untuk membedakan dari apa yang nyata dan apa yang tidak.

Penerapan VR biasanya untuk :

  • Membuat dan menyempurnakan realitas gambar dari game dan hiburan lainnya.
  • Simulasi realitas sehingga orang-orang bisa berlatih lebih dulu misalnya simulasi penerbangan pesawat.

Persamaan dan Perbedaan Antara VR dan AR

Augmented Reality dan Virtual Reality sama-sama memiliki tujuan yang sama yaitu untuk memberikan pengalaman virtualisasi terhadap pengguna, meskipun keduanya sedikit berbeda dalam penyampaiannya. Dengan AR, pengguna dapat terus berhubungan dengan dunia nyata dan berinteraksi dengan benda-benda virtual disekitarnya. Sedangkan VR, pengguna seperti terisolasi dari dunia nyata dan betul-betul masuk ke dalam dunia baru.

AR sering menggunakan perangkat mobile, seperti laptop, smartphone ataupun tablet untuk melihat bagaimana benda virtual ada di dalam dunia nyata dan bagaimana keduanya berinteraksi.

VR biasanya menggunakan perangkat seperti helm dengan kacamata atau perangkat tambahan lainnya. Perangkat ini akan menghubungkan pengguna dengan dunia virtual dimana pengguna bisa berinteraksi dengan benda-benda virtual yang diciptakan.

Kemudian yang mana akan menjadi sebuah tren di masa depan? Kita lihat saja.