Pengertian Cloud Computing Atau Komputasi Awan

Share

Cloud Computing atau Komputasi Awan adalah istilah umum untuk pengiriman layanan dari server/host melalui internet. Dalam arti lain, Cloud Computing menyimpan dan mengakses data atau aplikasi dengan menggunakan internet, bukan lagi dari media menyimpanan lokal/PC Anda. Cloud/Awan adalah metafora dari internet, sehingga bisa dibilang Cloud adalah komputasi berbasiskan internet.

Cloud Computing tetap menggunakan super computer atau komputer yang memiliki kinerja tinggi untuk melakukan jutaan/milyaran perhitungan per detik. Dalam hal ini kita bukan hanya menyimpan data di server melainkan juga menggunakan layanan lainnya. Kemudian kalau kita menyimpan data di PC lokal di rumah kemudian kita mengaksesnya dari luar rumah termasuk Cloud Computing? Tentu saja tidak, Anda perlu mengakses data atau aplikasi dengan menggunakan internet dan sinkron dengan layanan lainnya di internet.

Meskipun komputasi awan telah berubah dari waktu ke waktu, itu selalu dibagi menjadi tiga kategori layanan :

  1. Software as a Service (SaaS) : Layanan berupa perangkat lunak dan kita mengaksesnya melalui internet, kebanyakan kita menggunakan web browser.
    Contoh : gmail, yahoo, facebook, dll.
    Keuntungannya : Kita bisa menggunakannya dengan cepat, bisa diakses dari mana saja dan kapan saja, data tersimpan di server, layanan bersifat dinamis tanpa perlu meng-update manual di perangkat kita.
  2. Platform as a Service (PaaS) : Layanan yang berupa platform perangkat lunak dan biasanya sudah termasuk sistem operasi, database, web server, framework, dll.
    Contoh : Amazon Web Service, Microsoft Azure.
    Keuntungan : proses pengembangan aplikasi dengan cepat, menyebarkan aplikasi baru ke Cloud/Awan dalam hitungan menit, mengurangi kompleksitas di dalam layanan middleware.
  3. Infrastructure as a service (IaaS) : Layanan yang menyediakan infrastruktur IT berupa CPU, RAM, Storage, Jaringan, dll.
    Contoh : Amazon EC2.
    Keuntungan : Tidak perlu berinvestasi dalam hardware, mendukung beban kerja secara dinamis (misalnya storage penuh, bisa ditambahkan dengan segera), fleksibel dan layanan inovatif tersedia sesuai permintaan.

Keuntungan menggunakan Cloud Computing :

  1. Hemat biaya : Kita tidak memikirkan biaya untuk membeli hardware.  Dengan Cloud Computing, kita bisa memilih perangkat apa saja yang kita perlukan, tentunya tanpa biaya listrik sampai biaya AC.
  2. Kehandalan : Dengan berbagai layanan yang dikelola tentunya dukungan yang diberikan oleh penyedia Cloud Computing juga sangat baik. Misalnya dalam hal penanganan failover yang cepat.
  3. Kemudahan dalam mengelola : Biasanya menggunakan interface web-based, kita dengan mudah mengakses perangkat lunak, aplikasi, layanan, serta meng-update atau mengeliminasi layanan dengan cepat.
  4. Keamanan : Data tersimpan di penyedia layanan Cloud Computing, kita bisa mengaksesnya dari mana saja tanpa perlu takut kehilangan data di local storage.

Sebenarnya secara tidak langsung kita sudah menggunakan layanan Cloud Computing, entah disadari atau tidak. Cloud Computing adalah sesuatu yang tidak bisa dihindari saat ini, di mana internet menjadi sebuah kebutuhan pokok manusia :).

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

*