Share

Apakah web server itu? Perumpamaannya, web server seperti sebuah restoran. Ketika Anda tiba di sebuah restoran, pelayan akan menyambut Anda, memeriksa informasi pemesanan Anda dan mengantarkan Anda ke meja Anda. Web server adalah sebuah sistem yang mengirimkan konten atau layanan kepada pengguna melalui internet. Web server bisa berupa perangkat keras, sistem operasi atau juga perangkat lunak yang berkomunikasi dengan menggunakan protokol HTTP atau HTTPS.

Tergantung pada fungsi situs yang ditangani, web server juga memiliki banyak tugas tambahan lainnya, termasuk mencatat statistik logging, penanganan keamanan dan enkripsi, menghasilkan konten dinamis, dan lain sebagainya.

Berikut ini merupakan beberapa web server yang banyak digunakan :

  1. Apache Web Server
    Bersifat gratis dan paling banyak digunakan di seluruh dunia yang dikembangkan oleh Apache Software Foundation. Apache merupakan perangkat lunak open source yang bisa diinstall dan bekerja pada hampir semua sistem operasi mulai dari Linux, Windows, Free BSD, Mac OSX dan banyak lagi. Sekitar 60% dari semua situs, menggunakan Apache sebagai web servernya.
  2. Apache Tomcat
    Apache Tomcat dikembangkan untuk mendukung servlet dan skrip JSP. Meskipun dapat berfungsi sebagai server mandiri, Tomcat umumnya digunakan bersama dengan web server Apache atau web server lain. Apache Tomcat bersifat gratis dan open source dan dapat berjalan di sistem operasi yang berbeda seperti Linux, Unix, Windows, Mac OS X, Free BSD.
  3. IIS (Microsoft’s Internet Information Services)
    Web Server IIS dikembangkan oleh raksasa perangkat lunak, Microsoft. Web server ini menawarkan tingkat kinerja yang lebih tinggi dan keamanan yang lebih baik dari pendahulunya. Hal ini juga dilengkapi dengan dukungan yang baik oleh penciptanya dan merupakan web server yang paling populer kedua di dunia.
  4. Nginx Web Server
    Web server populer yang open source dan tentu saja gratis termasuk IMAP / POP3 server proxy. Web server ini digunakan oleh sekitar 7,5% dari semua domain di seluruh dunia, Nginx dikenal dengan kinerja tinggi, stabilitas, konfigurasi yang sederhana dan penggunaan sumber daya yang rendah.
  5. lighttpd
    lighttpd adalah web server gratis yang didistribusikan dengan sistem operasi FreeBSD. Web server open source ini sangat cepat, aman dan mengkonsumsi sumber daya yang jauh lebih sedikit dari yang lainnya. lighttpd juga dapat berjalan pada Windows, Mac OS X, Linux dan Solaris.
  6. Jigsaw
    Jigsaw (W3C Server) berasal dari World Wide Web Consortium. Web server ini adalah open source dan gratis serta dapat berjalan di berbagai platform seperti Linux, Unix, Windows, Mac OS X, FreeBSD, dan lainnya. Jigsaw ditulis dengan bahasa pemrograman Java dan dapat menjalankan skrip CGI dan program PHP.
  7. Klone
    Klone termasuk web server dan SDK untuk membuat situs web statis dan dinamis. Web server ini adalah framework pengembangan aplikasi web yang cukup bagus.

Saya sampai saat ini masih setia menggunakan Apache, tentu saja berkolaburasi dengan PHP dan MySQL atau yang biasa disebut AMP. Sepertinya mencoba Nginx merupakan hal yang menarik, di mana web server ini sedang menanjak popularitasnya.

Semoga bermanfaat 🙂