Share

Webmail adalah tool atau alat yang memungkinkan Anda mengirim dan membaca email langsung dari komputer manapun yang terhubung ke internet. Webmail sangat ideal saat Anda perlu mengakses email saat bepergian atau menggunakan komputer orang lain atau bahkan perangkat mobile. Anda dapat mengakses Webmail selama Anda memiliki browser dan koneksi Internet. Email Anda disimpan di server dan selalu tersedia saat Anda membutuhkannya.

Saat Anda membeli shared hosting, baik itu DirectAdmin atau cPanel, secara otomatis akan terdapat 3 macam webmail bagi Anda yaitu: Horde, RoundCube dan SquirrelMail. Tentunya ada perbedaan di antara ketiganya. Para pemula di web hosting menjadi bingung saat mereka diminta memilih salah satu di antara ketiganya. Mari kita telusuri secara rinci dan melihat hasil Horde vs Roundcube vs SquirrelMail untuk sampai pada kesimpulan mengenai mana dari mereka yang terbaik dengan membandingkan fiturnya.

Tapi satu hal yang pasti semua 3 dari webmail ini menawarkan fitur email dasar seperti: Compose Email, Forwarding, Junk Mail, Address Book, Trash, Folders, Marked as Read/Unread dan lainnya.

  1. Horde
    hordeHorde dapat dianggap sebagai email klien yang paling menonjol bila dibandingkan dengan dua email klien lainnya. Fungsinya bisa cukup lengkap hanya dengan melihat pada menu. Horde muncul dengan fitur seperti kalender, buku catatan, buku alamat, daftar tugas dan banyak lagi. Horde memiliki sistem manajemen email yang baik dan dukungan untuk filter lanjutan, lampiran, pemeriksaan ejaan dan komposisi email HTML yang rumit dengan editor WYSIWYG. Horde juga menyertakan utilitas pengelolaan tugas tingkat lanjut di mana tugas dapat dicantumkan dan dapat diatur untuk menyimpan catatan mengenai perkembangan tugas.
  2. Roundcube
    roundcubeRoundcube adalah langkah maju dari SquirrelMail jika berhubungan dengan antarmuka email. Roundcube memiliki fungsi yang cukup user-friendly dan menyediakan antarmuka yang cukup menarik. Roundcube memiliki fitur seperti mark, kalender, folder, buku alamat berfitur lengkap dengan koneksi kelompok dan LDAP, integrasi buku alamat dan akhirnya, dukungan terhadap MIME. Roundcube juga mengintegrasikan fitur drag and drop inbox dengan tampilan multi panel dan komposisi email HTML. Jadi jika Anda membutuhkan lebih banyak hal teknis maka Anda bisa menggunakan Roundcube.
  3. SquirrelMail
    squirrelmailSquirrelMail memiliki semua utilitas dasar yang dibutuhkan dari email klien. SquirrelMail memiliki pemeriksaan ejaan, kalender, dukungan MIME, buku alamat dan manipulasi folder. Antarmuka sangat klasik, menjadikan pilihan ini menjadi yang terbaik bagi mereka yang hanya ingin email membaca dan membalas email. Anda tidak perlu menjadi ahli untuk menggunakannya.

Sebagai kesimpulan, pilihan Anda dalam menggunakan webmail sangat bergantung pada apa yang Anda butuhkan. Jika Anda mencari kesederhanaan, Anda bisa mengunakan SquirrelMail. Jika Anda mencari tampilan yang bagus serta fungsi yang mudah digunakan, gunakanlah Roundcube. Akhirnya, jika Anda melihat email dengan fitur lebih lengkap, cobalah Horde.