Share

Minggu lalu teman bertanya mengenai game strategi yang bagus, kemudian saya rekomendasikan untuk mencoba Rise of Nations. Sebuah game yang lumayan cukup lama dirilis dan sampai saat ini tidak ada pembaruan besar. Ternyata masih cukup layak untuk dimainkan, dengan gameplay yang menarik dan tampilan grafis yang masih cukup mumpuni dan tentunya cukup ringan dimainkan pada hardware jaman sekarang.

Rise of Nations adalah permainan komputer dengan genre real-time strategy yang dikembangkan oleh Big Huge Games dan kemudian dirilis oleh Microsoft pada 20 Mei 2003. Sampai saat ini sudah ada beberapa versi yang dirilis, antara lain : Thrones and Patriots ( 28 April 28 2004),  Gold edition (setahun kemudian),  Rise of Legends (Mei 2006), Tactics (batal), Extended Edition (12 June 2014). Versi yang paling menarik adalah Gold Edition, gabungan antara versi yang original dan Thrones and Patriots. Sayangnya pada versi terakhir kurang menarik, karena cuma ada sedikit perbaikan sedangkan core dari game malah tidak di-update.

Kalau Anda pernah memainkan Age of Empires pasti tidak akan menemui kesulitan untuk memainkan game, meskipun fiturnya jauh lebih banyak. Pada prinsipnya sama, mengumpulkan sumber daya, upgrade jaman, dan kemudian melakukan ekspansi/menyerang pemain lain. Pertama kali Anda akan disuruh untuk memilih bangsa yang akan digunakan. Ada 24 bangsa yang memiliki kelebihan masing-masing, baik itu kelebihan dalam ekonomi, sumber daya, pertahanan, penyerangan dan lain-lain. Setiap bangsa juga memiliki pasukan unik, meskipun mulai jaman industri semuanya menjadi sama. Saya sendiri lebih suka memakai Bantu atau Nubians atau Americans.

Tidak sama dengan game RTS lainnya, Rise of Nations mengharuskan pemain mencari 6 sumber daya yaitu : makanan, kayu, uang, besi, minyak dan pengetahuan. Pada awal permainan kita hanya akan mencari 3 sumber daya saja, kemudian sisanya akan muncul sesuai dengan jaman sudah dicapai. Akan ada 8 jaman (itupun kalau permainan belum berakhir) : Ancient Age, Classical Age, Medieval Age, Gunpowder Age ,Enlightenment Age, Industrial Age, Modern Age, Information Age. Dan setiap jaman pun memiliki 4 teknologi atau riset yang juga mesti di-upgrade yaitu : civics, commerce, military, dan science. Untuk permainan standard, jaman ke-8 atau Information Age bisa dicapai dalam waktu 1 jam.

Ada banyak pilihan peta yang bisa dimainkan sesuai dengan keinginan Anda. Misalnya Anda ingin bertarung dengan banyak kapal perang, Anda bisa memilih peta dengan banyak pulau. Kalau ingin bermain dengan banyak tank atau pesawat bisa memilih peta tanpa lautan. Jenis kemenangan juga banyak pilihan, misalnya menang  kalau bisa merebut ibu kota, atau harus merebut semua kota musuh. Kita juga bisa mengirim rudal nuklir yang bisa menghancurkan 1 kota. Tapi jumlah nuklir dibatasi dalam game ini.

Selain duel dengan pemain lain, game ini juga menyediakan pilihan campaign untuk bermain sendiri. Kita akan mengikuti alur cerita dari campaign yang kita pilih, baik itu yang bersifat regional maupun dunia. Cukup menarik untuk dimainkan.

Game ini meraih banyak penghargaan pada tahun 2003. Rise of Nations adalah game RTS favorit saya, meskipun kadang memainkan game RTS yang lain seperti Warcraft, Stronghold, Age of Empires. Rise of Nations tetap yang terbaik.