Share

Session ($ _SESSION) adalah array khusus yang digunakan untuk menyimpan informasi yang bisa diminta atau ditampilkan di seluruh halaman yang dibuka oleh pengguna selama kunjungannya ke situs web atau aplikasi web Anda.

Session membuat file sementara dalam direktori di server tempat variabel session terdaftar dan nilainya tersimpan. Data ini akan tersedia untuk semua halaman di situs selama kunjungan tersebut. Lokasi file sementara itu ditentukan oleh setting pada file php.ini yang disebut session.save_path.

Ketika session mulai dibuat, maka prosesnya seperti di bawah ini :

  1. PHP pertama kali menciptakan sebuah identifier unik untuk suatu session yang merupakan string acak dari 32 bilangan heksadesimal seperti ckmuqo8kr0r5r2ubf1sm6vo5g4.
  2. Cookie yang disebut PHPSESSID secara otomatis dikirim ke komputer pengguna untuk menyimpan string identifikasi session yang unik.
  3. File secara otomatis dibuat di server dalam sebuah direktori dan diberi nama pengenal unik yang diawali oleh sess_ yaitu sess_ckmuqo8kr0r5r2ubf1sm6vo5g4.

Ketika sebuah skrip PHP ingin mengambil nilai dari variabel session, PHP secara otomatis mendapatkan string pengenal session yang unik dari cookie PHPSESSID dan kemudian mengecek direktori di server untuk nama file yang sesuai dan validasi dapat dilakukan dengan membandingkan kedua nilai tersebut.

Session berakhir ketika umur session telah habis, untuk melihat umur session bisa dilihat di php.ini pada session.gc_maxlifetime.

Memulai Session

Session PHP dimulai dengan sangat mudah melalui fungsi session_start().


Menyimpan Dan Mengakses Data

Anda dapat menyimpan semua data session Anda sebagai dalam variabel superglobal $ _SESSION[]. Data yang tersimpan dapat diakses selama session berlangsung.


Menyimpan data array

 "wayan", "umur" => "21", "alamat" => "gianyar");
print_r($_SESSION['datauser']);
?>

Destroy Session

Session PHP dapat dihapuskan semua oleh fungsi session_destroy (). Fungsi ini tidak memerlukan argumen dan satu penulisan kode bisa menghancurkan semua variabel session. Jika Anda ingin menghapus satu variabel session maka Anda dapat menggunakan unset () fungsi untuk melakukannya.



Session sangat berguna untuk sistem login, shopping cart, counter dan lain sebagainya. Semoga bermanfaat 🙂