Share

Seperti pada artikel sebelumnya mengenai perbedaan antara http dengan https, pada kesempatan kali ini saya akan menunjukan cara mengaktifkan https di localhost dengan menggunakan XAMPP. Untuk mempermudah mengaktifkan https di localhost, pastikan virtual host pada pada XAMPP telah berjalan dengan benar. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai virtual host : membuat virtual host di web server apache.

http dan https memiliki port yang berbeda, jika http secara default menggunakan port 80 maka https menggunakan port 443. Anda mungkin pernah mencoba untuk mengubah url di browser dengan https bukan http, namun jika https belum diaktifkan maka Anda akan menemukan error 404.

Secara default, domain localhost memungkinkan Anda mengakses file apapun di dalam folder C: /xampp/htdocs. Misalnya, jika Anda memiliki file HTML yaitu index.html yang berada di C: /xampp/htdocs/belajar/index.html, maka Anda dapat mengaksesnya di browser di http://www.belajar.local/index.html dengan protokol HTTP secara mudah. Dan dengan cara yang sama Anda dapat mengakses dokumen dengan protokol HTTPS di https://www.belajar.local/index.html.

Jika Anda mengakses file dengan menggunakan virtual host, maka Anda bisa mengikuti langkah selanjutnya.

Buka file : C:\xampp\apache\conf\extra\httpd-vhosts.conf

Secara sederhana untuk menambah virtual host (http), bisa dilakukan dengan menambahkan baris kode :

Untuk mengaktifkan koneksi SSL, Anda perlu menambahkan baris berikut di dalam tag Host Virtual lainnya, pada dasarnya dengan struktur yang sama dengan tag Virtual Host utama Anda namun dengan tambahan informasi berikut:

Perhatikan bahwa pathnya relatif dengan distribusi XAMPP yang secara default terinstal. 2 file ini biasanya berada di dalam C:\xampp\apache\conf\ssl.key\server.key dan C:\xampp\apache\conf\ssl.crt\server.crt.

Kemudian restart apache untuk menerapkan perubahan pada virtual host. Silakan buka : https://www.belajar.local/.

Di beberapa browser mungkin Anda akan mendapatkan peringatan karena sertifikat yang tidak terpercaya, Anda hanya perlu melewatkan peringatan ini.

Di Chrome, masukkan chrome://flags/#allow-insecure-localhost di alamat URL. Aktifkan opsi yang bertuliskan “Allow invalid certificates for resources loaded from localhost”. Restart Chrome, dan seharusnya web browser ini mengizinkan penggunaan https pada virtual host Anda.