Share

WordPress adalah sistem manajemen konten yang sangat populer dan digunakan oleh banyak personal atau bisnis online. Diperkirakan 27% dari semua situs web menggunakan WordPress (Desember 2016). WordPress jauh lebih dari sekedar platform blogging. Anda bisa menggunakannya sebagai situs standar, situs jejaring sosial, situs E-commerce, dan apapun yang ingin Anda lakukan dengannya.

WordPress sangat mudah digunakan. WordPress menawarkan fungsi drag and drop, alat pemeriksa ejaan dan alat undo yang cepat sehingga Anda tidak perlu menghapus sebagian besar pekerjaan Anda dan memulai lagi dari awal. Antarmukanya sangat intuitif, Anda hanya perlu membaca cara instalasinya sebentar sebelum Anda mulai menggunakannya.

Membangun situs web dengan menggunakan Content Management System layak dilakukan dan lebih efisien karena memungkinkan Anda hanya perlu memodifikasi konten dengan efektif. CMS memberikan tingkat kemudahan yang tinggi sehingga pengguna dapat membuat fungsionalitas umum dan tentunya tanpa coding sama sekali.

Berikut ini adalah berbagai keunggulan WordPress :

  1. Search Engine Optimization (SEO)
    WordPress secara default tidak SEO-friendly, tapi ada cara yang sangat mudah untuk memperbaikinya. Banyak ekstensi SEO dan plugin yang ada di platform WordPress memudahkan setiap orang untuk meningkatkan SEO mereka dengan melakukan sedikit usaha.
  2. Mudah Digunakan
    WordPress secara signifikan lebih mudah digunakan daripada pesaingnya. Design antarmukanya jauh lebih intuitif, menambahkan konten dengan cepat dan sederhana, dan memasang plugin hanya membutuhkan sedikit usaha. Dengan WordPress, Anda tidak harus bergantung pada web developer. Anda dapat masuk ke dasbor kemudian menambahkan, mengedit, atau menghapus apapun dengan hanya beberapa klik. Dasbor WordPress mudah dimengerti dan mudah digunakan.
  3. Instalasi Yang Cepat
    Sebagian besar penyedia web hosting pasti menawarkan instalasi satu klik untuk WordPress yang sederhana. Anda tidak perlu khawatir mendownload file instalasi WordPress dan menggunakan FTP untuk mengunggahnya. Cukup kunjungi panel kontrol penyedia hosting Anda, klik “Install WordPress” dan dalam beberapa menit, Anda akan memiliki sebuah website.
  4. Tersedianya Banyak Plugin
    Ada ribuan (bahkan jutaan) plugin WordPress. Tidak peduli apa yang ingin Anda lakukan, Anda hanya perlu memasukkan plugin yang Anda inginkan kemudian install. Sangat mudah dilakukan dan semuanya tersedia.
  5. Dukungan Komunitas Yang Kuat
    Jika Anda memerlukan bantuan sesuatu, Anda dapat menemukan banyak ebook, blog, tutorial online, dan banyak lagi. Semuanya ditujukan untuk membantu Anda memaksimalkan WordPress. Apapun pertanyaan yang Anda miliki, seseorang pasti mengetahui jawabannya dan akan membantu Anda, bahkan secara gratis.
  6. Dukungan Update
    Karena WordPress adalah open source, WordPress terus-menerus menerima umpan balik dan perbaikan dari komunitas desain dan pengembangan. WordPress menerima update reguler, yang masing-masing memperbaiki bug atau menawarkan fitur dan fungsionalitas baru.
  7. Kustomisasi Template Yang Mudah
    Selain plugin yang dapat membantu membuat situs Anda lebih baik, ada ribuan template yang dapat Anda gunakan untuk situs WordPress Anda. Menyesuaikan template supaya sesuai dengan website Anda relatif mudah, meskipun kadang memerlukan pengetahuan tentang CSS.
  8. Kecepatan
    Meskipun WordPress belum tentu perangkat lunak untuk membangun website tercepat saat ini, tapi dengan adanya banyak plugin kita bisa memaksimalkan WordPress. Kuncinya di sini adalah memastikan bahwa tidak ada elemen desain dalam template Anda yang memperlambat website.