L O A D I N G
Profile image
  • Name

    Yudana
  • Title

    Website Developer
  • Phone

    -
  • Email

    me@yudana.com
  • Date of birth

    -
  • Age

    -
  • Residence

    Bali
  • Freelance Work

blog banner

Bagaimana Cara Rewrite URL Dengan Menggunakan htaccess

apache web server
Share

Setelah sebelumnya saya menulis artikel mengenai tutorial cara membuat virtual host di Linux dan cara mengaktifkan mod rewrite URL di Linux. Pada artikel ini akan dibahas cara men-rewrite URL dengan menggunakan htaccess.

Jika Anda membuat situs web, Anda dapat membuat halaman bernama halaman-1.html. Berarti satu URL = satu sumber daya. Dalam hal ini, sumber daya adalah halaman website, tetapi bisa berupa halaman atau produk yang diambil dari CMS sehingga bersifat dinamis. Dengan penulisan ulang URL, Anda dapat membawa pengguna ke …/halaman-1.html atau ke …/tentang-kami.html atau ke …/hubungi-kami.html atau ke …/produk/nama-produk.html.

Mengapa rewrite URL sangat penting?

  1. URL akan terlihat bersih, rapi dan tentunya bisa dibaca dengan mudah oleh manusia maupun mesin pencari.
  2. Mencegah link-link yang tidak diinginkan sehingga menghemat bandwidth.
  3. Website dapat menggunakan URL yang sama meskipun kita mengganti framework ataupun teknologi yang digunakan untuk membuat website.

Melanjutkan artikel sebelumnya, silakan buat file dengan nama folder .htaccess di folder belajar. Kemudian isi perintah seperti bawah.

Kemudian buat 3 file php

index.php

about.php

produk.php

Silakan ketik alamat : http://www.belajar.local/homepage , maka URL ini akan diarahkan ke index.php. Begitupun ketika memasukkan http://www.belajar.local/tentang-kami akan diarahkan ke about.php. Pada contoh rewrite URL ke-3, http://www.belajar.local/lihat/33/gitar-akustik, maka akan muncul produk.php sekaligus nilai dari query string yang ditambahkan di URL.

Karakter ^ di homepage ataupun di URL barang/detail terdapat tanda $ bukan hanya string pencarian, tetapi regular expression di mana karakter khusus seperti ^. + *? ^ () [] {} dan $ – memiliki arti tambahan. ^ merupakan awal URL, dan $ merupakan akhir. Hal ini berarti harus dimulai dan diakhiri dengan barang/detail/…/….. Kemudian ada juga reguler expression untuk menentukan parameter yang diterima oleh URL, misalnya untuk id barang ([0-9]+), ini berarti hanya inputan berupa angka yang diperbolehkan. Sedangkan (.*) berarti semua karakter termasuk angka, huruf dan karakter khusus diperbolehkan.

Tips untuk mengoptimalkan situs website dengan menggunakan .htacces

  1. Force redirect dari non-www ke www URL. Ini sangat penting untuk menghindari duplicate content yang dibaca oleh mesin pencari.
  2. Siapkan halaman spesial untuk error 404 dan 500, kemudian kejadian error 404 dan 500 diarahkan ke sana. Ini sangat bagus untuk memberitahukan error yang terjadi pada pengguna.
  3. Redirect semua halaman yang sudah tidak dipergunakan lagi jika ternyata halaman ini masih punya backlink

Jika Anda berniat untuk menambahkan berbagai fitur htaccess yang Anda miliki, silakan gunakan tool ini.

Untuk lebih mudah menggunakan reguler expression ketika menambahkan script di .htaccess, tool ini akan membantu Anda.

Sangat mudah bukan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *