L O A D I N G
Profile image
  • Name

    Yudana
  • Title

    Website Developer
  • Phone

    -
  • Email

    me@yudana.com
  • Date of birth

    -
  • Age

    -
  • Residence

    Bali
  • Freelance Work

blog banner

Cara Mengaktifkan Rewrite URL Apache Di Linux

apache web server
Share

Pada artikel sebelumnya mengenai Tutorial Membuat Virtual Host di Linux. Ada modul yang belum diaktifkan untuk mempercantik URL dari website kita. Jadi ketika kita mulai membangun website di komputer lokal, selain menggunakan virtual host kita juga menambahkan fitur rewrite URL.

mod_rewrite adalah modul web server Apache yang menyediakan kemampuan untuk memanipulasi URL. Fitur canggih ini memungkinkan web developer untuk menulis ulang URL. Kemudian, file .htaccess memungkinkan Anda membuat dan menerapkan aturan penulisan ulang URL tanpa mengakses file konfigurasi server. Dengan menempatkan file .htaccess di root situs web Anda, Anda dapat mengelola penulisan ulang berdasarkan per-situs atau per-direktori.

Saya menggunakan Ubuntu Linux 18.04 dalam menulis artikel ini.

Untuk mengaktifkan modul mod_rewrite gunakan perintah:

Kemudian restart web server Apache

Virtual Host

Secara default, Apache melarang menggunakan file .htaccess untuk menerapkan aturan penulisan ulang, jadi pertama-tama Anda harus mengizinkan perubahan pada file tersebut. Buka file konfigurasi web server Apache default menggunakan nano atau teks editor favorit Anda.

Tambahkan perintah seperti di bawah ini:

<Directory /var/www/html>
    Options Indexes FollowSymLinks MultiViews
    AllowOverride All
    Require all granted
</Directory>

Kurang lebih ketika membuka teks editor nano, seperti di bawah ini:

Setelah itu bisa lanjutkan dengan langkah ke-4 pada artikel sebelumnya untuk secara otomatis mengaktifkan mod_rewrite pada virtual host yang kita buat.

Untuk menggunakan mod_rewrite, tentunya kita harus membuat file .htaccess pada folder root dari website kita. Tambahkan baris ini di bagian paling atas dari file .htaccess untuk mengaktifkan mesin penulisan ulang.

Anda sekarang memiliki file .htaccess yang dapat Anda gunakan untuk mengatur routing atau pengalamatan dari aplikasi web Anda. Pada artikel selanjutnya, saya akan membuat sampel file .htaccess yang bisa gunakan untuk mendemonstrasikan aturan penulisan ulang dari URL.

Tips

Bagi pengguna Linux, atau dalam artikel ini saya menggunakan Ubuntu. Nama file yang diawali dengan tanda dot, biasanya tidak langsung muncul jika kita membuka root folder dengan file manager. Hal ini dikarenakan file ataupun folder yang diawali dot merupakan hidden file. Cukup tekan keyboard shortcut ctrl + h untuk menampilkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *