Deretan Plugin WordPress Untuk Meningkatkan Performa Blog Anda

Share

Tidak bisa dipungkiri, WordPress adalah CMS yang paling populer saat ini, baca di sini. Pengguna yang sangat banyak, kemudian keberadaan komunitas yang besar menjadikan fungsionalitas WordPress menjadi sangat banyak. Dari yang hanya untuk blog sekarang bahkan bisa digunakan sebagai ecommerce. Tentu saja perkembangan ini karena didukung oleh banyak plugin yang tersedia.

Plugin adalah perangkat lunak yang berisi kumpulan fungsi yang bisa ditambahkan ke situs WordPress. Perangkat lunak ini dapat memperluas fungsionalitas atau menambahkan fitur baru ke situs web WordPress Anda. Plugin WordPress ditulis dalam bahasa pemrograman PHP dan terintegrasi secara baik dengan WordPress. Di komunitas WordPress, ada instilah yang membahas: “there’s a plugin for that”. Plugin memudahkan pengguna menambahkan fitur ke situs web mereka tanpa mengetahui satu baris kode pun. Ada ribuan yang tersedia secara gratis untuk diunduh di direktori plugin resmi WordPress.

Berikut ini rangkuman berbagai plugin pilihan bagi Anda yang ingin meningkatkan performa situs wordpress Anda.

  1. Yoast SEO
    Yoast SEO sangat populer karena suatu alasan. Yoast SEO memberikan Anda fleksibilitas pada konten situs Anda, membiarkan Anda membuat judul, deskripsi meta, dan informasi berbagi sosial secara per-posting. Plugin ini memberi Anda cara mudah untuk menyiapkan peta situs, menambahkan beberapa skema dasar, dan cukup ramah pemula. Terdapat variabel khusus untuk menyiapkan setiap judul dan tag meta di situs Anda. Misalnya, jika Anda menggunakan jenis pos khusus dengan bidang khusus, Anda dapat menarik data dari bidang khusus tersebut untuk digunakan secara otomatis dalam judul dan deskripsi Anda.
  2. WP Super Cache
    WP Super Cache dapat mengirimkan halaman statis dengan mod_rewrite (yang lebih cepat dari pada PHP yang biasa dibuat HTML caching) atau PHP, tergantung pada preferensi Anda, artinya setiap pengunjung tidak perlu memuat semua file PHP WordPress. Mereka hanya akan menerima halaman HTML statis. Tentunya ada halaman yang di simpan di dalam cache, yang berarti jika Anda membuka website, Anda akan membuka halaman itu dari cache dan tidak menyentuh database secara langsung. WP Super Cache juga memungkinkan Anda mengubah urutan pemuatan plugin, jadi jika Anda memerlukan plugin tertentu untuk dimuat dengan cepat, Anda bisa melakukannya.
  3. WP SEO Structured Data Schema
    Pengunaan struktur data tentunya akan membuat Google lebih mudah untuk memahami konten yang ada dalam website Anda. Plugin ini menyediakan fungsionalitas untuk hal tersebut. Setelah Anda mempublikasikan artikel, plugin akan mengubah data secara otomatis menjadi format JSON-LD dan menambahkannya ke posisi yang sesuai di situs web untuk Google. Anda tidak akan melihat tampilana apapun di halaman artikel, jadi jangan bingung jika Anda tidak melihat output di post preview.
  4. NK Google Analytics
    Plugin untuk menambahkan kode Google Analytics tentu adalah sebuah keharusan. Sehingga kita bisa mengetahui data-data dari pengunjung baik itu mereka datang dari mana, halaman yang dibuka, dan berbagai fitur analitik lainnya.
  5. Google Sitemap XML
    Gunakan plugin ini untuk meningkatkan SEO dengan membuat sitemap XML khusus yang akan membantu mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo dan Ask.com untuk mengindeks situs Anda dengan lebih baik. Dengan peta situs semacam itu, tentunya lebih mudah bagi mesin pencari untuk melihat struktur situs Anda secara lengkap dan mengambilnya dengan lebih efisien. Plugin ini mendukung semua jenis halaman WordPress yang dihasilkan serta URL khusus. Selain itu, plugin ini memberitahukan semua mesin pencari utama setiap kali Anda membuat posting tentang konten baru.
  6. AMP dan AMP Analytics
    AMP adalah sebuah terobosan yang sangat menarik untuk pengguna mobile, selengkapnya baca di sini. Plugin ini menambahkan dukungan untuk Proyek Accelerated Mobile Pages (AMP), yang merupakan prakarsa open source yang bertujuan untuk menyediakan konten yang dioptimalkan untuk seluler yang dapat dimuat langsung di mana-mana. Ketika plugin ini aktif, semua postingan di situs Anda akan menghasilkan versi AMP yang kompatibel secara dinamis, dapat diakses dengan menambahkan /amp/ pada akhir URL posting Anda. Jangan lupa juga install AMP Analytics untuk mendapatkan data analitiknya.
  7. AddToAny Share Buttons
    Plugin berbagi AddToAny untuk WordPress tentunya membantu meningkatkan pengunjung website dengan membagikan pos dan laman Anda ke layanan apa pun. Layanan meliputi Facebook, Twitter, Pinterest, Google, WhatsApp, LinkedIn, Tumblr, Reddit, dan lebih dari 100 situs dan aplikasi berbagi dan media sosial lainnya.

 

2 Comments

  1. Hallo Pak Yudana (sesuai blog mudah2 tidak salah), senang berkenalan dengan anda. Tulisan anda banyak membantu, dari blog yang saya baca anda menguasai WordPress dengan baik. Saya ini menjalin komunikasi walaupun hanya melalui email. Mudah-mudahan komunikasi bisa ditingkatkan menjadi kerjasama.
    Salam,
    Tedja

    • mm
      yudana

      Januari 13, 2018 at 2:30 am

      Terima kasih telah berkunjung ke blog saya 🙂 artikelnya masih berantakan sebenarnya. Email saya di me[at]yudana.id, ganti [at] dengan @

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

*