Share

Sistem operasi mobile (atau mobile OS) adalah sistem operasi untuk ponsel, tablet, smartwatch, atau perangkat mobile lainnya. Sementara komputer seperti laptop mungkin bisa disebut sebagai perangkat mobile, namun sistem operasi yang digunakan pada perangkat itu tidak dianggap mobile, karena pada awalnya dirancang untuk komputer desktop yang secara historis tidak memiliki atau memerlukan fitur mobile tertentu.

Seperti kita ketahui sekarang, Android bisa dibilang begitu mendominasi perangkat mobile. Tentunya ditempel terus oleh sistem operasi besutan Apple yaitu, iOS. Namun apakah Anda menyadari kalau ternyata banyak sistem operasi mobile yang telah ada sebelumnya, bahkan juga mendominasi semisal Symbian. Berikut ini daftar 10 sistem operasi mobile yang populer.

  1. Android
    logo android20 September 2008 adalah tanggal ketika Google merilis OS Android pertama dengan nama ‘Astro’. Setelah beberapa versi upgrade berikutnya ‘Bender’ dan ‘Cupcake’ juga dirilis. Google kemudian mengadopsi tren penamaan versi Android dengan nama makanan sesuai abjad. Rilis lainnya adalah Donut, Eclair, Froyo, Gingerbread, Honeycomb, Ice Cream Sandwich, Jelly Bean, Kitkat, Lollipop, Marshmallow, Nougat dan Oreo yang sejauh ini merupakan versi Android terbaru dari Google. Karena platformnya tidak tertutup seperti iOS, ada banyak aplikasi Android hebat yang dibangun oleh para pengembang aplikasi.
  2. iOS
    logo iosIOS diperkenalkan pada 29 Juni 2007 saat iPhone pertama kali dikembangkan. Sejak itu iOS mengalami banyak upgrade dan yang terbaru adalah iOS 11.Apple masih belum mengizinkan pihak lain untuk mengembangkan sistem operasinya. Tidak seperti Android, Apple lebih berkonsentrasi pada performa dan tampilan untuk pengguna. Inilah alasan mengapa tampilan dasar iOS hampir sama seperti pada tahun 2007. Secara keseluruhan sangat user-friendly dan merupakan salah satu sistem operasi mobile terbaik di dunia.
  3. Blackbery OS
    logo blackberryBlackberry OS adalah milik RIM (Research In Motion) dan pertama kali dirilis pada tahun 1999. RIM telah mengembangkan sistem operasi ini untuk jajaran smartphone Blackberry-nya. Blackberry jauh berbeda dengan sistem operasi lain. Gaya antarmuka, serta desain Smartphone, juga berbeda memiliki trackball atau trackpad untuk berpindah pada menu dan dengan keyboard qwerty.
  4. Windows Phone
    logo Windows PhoneWindows Phone (WP) adalah keluarga sistem operasi mobile yang dikembangkan oleh Microsoft untuk smartphone sebagai pengganti penerus Windows Mobile dan Zune. Windows Phone dilengkapi antarmuka pengguna baru yang berasal dari bahasa desain Metro. Tidak seperti Windows Mobile, sistem operasi mobile ini ditujukan untuk pasar konsumen daripada pasar perusahaan. Pertama kali diluncurkan pada bulan Oktober 2010 dengan Windows Phone 7. Windows Phone 8.1 adalah rilis sistem operasi terbaru yang diluncurkan pada 14 April 2014.
  5. Symbian
    logo SymbianSymbian OS secara resmi menjadi milik Nokia. Artinya, perusahaan lain harus mendapat izin dari Nokia sebelum menggunakan sistem operasi ini. Nokia tetap menjadi raksasa di pasar ponsel kelas atas, jadi setelah Java Symbian paling banyak digunakan di ponsel sampai beberapa tahun yang lalu. Symbian masih banyak digunakan di ponsel low-end namun tingkat permintaannya terus menurun. Dengan meng-upgrade Symbian mobile OS, Nokia telah membuatnya mampu menjalankan smartphone secara efisien. Symbian ANNA dan BELLE adalah dua update terbaru yang saat ini digunakan di smartphone Nokia. Secara keseluruhan, OS Symbian dirancang dengan sangat baik dan sangat user-friendly.
  6. Bada OS
    logo badaSeperti yang lain, Samsung juga memiliki sistem operasi yang dikenal dengan BADA. Sistem operasi mobile ini dirancang untuk smartphone mid-range dan high-end. Bada adalah sistem operasi yang user-friendly dan efisien, seperti Android, namun sayangnya Samsung tidak menggunakan Bada dalam skala besar karena alasan yang tidak diketahui.
  7. Maemo OS
    logo maemoKomunitas Nokia dan Maemo bergabung untuk menghasilkan sebuah sistem operasi untuk smartphone dan tablet internet, yang dikenal dengan Maemo. Seperti perangkat lain, antarmuka pengguna Maemo juga terdiri dari menu tempat pengguna bisa pergi ke aplikasi manapun.
  8. Meego OS
    logo meegoMeeGo disebut platform mobile, namun dirancang untuk menjalankan beberapa perangkat elektronik termasuk ponsel, perangkat dalam mobil, perangkat televisi, dan lainnya. Semua perangkat di mana MeeGo berada dapat memiliki inti yang sama namun antarmuka pengguna sangat berbeda sesuai perangkat.
  9. Open WebOS
    logo Open WebOSOpen WebOS juga dikenal sebagai Hp WebOS atau hanya WebOS yang dikembangkan oleh Palm Inc namun setelah beberapa tahun menjadi milik Hewlett-Packard. WebOS diluncurkan pada tahun 2009 dan digunakan di sejumlah smartphone dan tablet. HP mempromosikan WebOS pada tingkat yang sangat tinggi dengan menggunakannya di smartphone kelas atas dan tablet. Perangkat terbaru yang bekerja pada WebOS adalah Hp Touch Pad.
  10. Palm OS
    logo palm os 5Palm OS dikembangkan oleh Palm Inc pada tahun 1996 terutama untuk PDA (Personal Digital Assistance). Palm OS ini dirancang untuk bekerja pada perangkat dengan touchscreen. Beberapa tahun kemudian di-upgrade dan mampu mendukung smartphone. Sayangnya, perangkat dengan palm OS ini tidak terlalu populer di pasaran.

Apakah Anda pernah mencoba semuanya?