L O A D I N G
Profile image
  • Name

    Yudana
  • Title

    Website Developer
  • Phone

    -
  • Email

    me@yudana.com
  • Date of birth

    -
  • Age

    -
  • Residence

    Bali
  • Freelance Work

blog banner

Expressions Dan Controllers Pada Angular JS

angularjs
Share

Menyambung artikel sebelumnya mengenai Angular, yaitu : menggunakan Angular JS dan berkenalan dengan Angular JS. Pada artikel ini kita akan mencoba menggunakan expressions dan controllers dengan Angular JS.

Expression

Expression digunakan untuk menampilkan data aplikasi pada html. Expression ditulis di dalam dua kurung kurawal, seperti ini {{ expression }}. Expression memiliki karakteristik yang mirip dengan ngbind directives. Expression dari Angular JS adalah expression dari javascript murni dan output dari data di mana mereka digunakan.

Di bawah ini adalah source code dengan expression :

Berikut penjelasan menggunakan Expressions :

– Menggunakan string

– Menggunakan bilangan

– Menggunakan objek

– Menggunakan array

Controller

Aplikasi AngularJS bergantung pada controller untuk mengontrol aliran data dalam aplikasi. Sebuah controller didefinisikan menggunakan direktif ng-controller. Sebuah controller adalah Objek JavaScript yang berisi atribut / sifat, dan fungsi. Setiap controller menerima $scope sebagai parameter, yang mengacu pada aplikasi / modul bahwa controller perlu untuk ditangani.

Di sini kita mendeklarasikan controller dengan nama ControllerKontak. Langkah berikutnya kita mendefinikan controller di atas seperti ini :

Apakah itu Scope?

Scope diibaratkan sebagai sebuah objek yang menjadi penghubung antara View dan Controller. Scope memegang data yang dibutuhkan untuk kemudian ditampilkan. Controller bertanggung jawab untuk menginisialisasi data dan kemudian View membutuhkannya untuk ditampilkan. Hal ini dilakukan dengan membuat perubahan pada Scope.

Berikut ini merupakan kode lengkap dari contoh di atas, untuk mencoba menggunakan controller.

 

Artikel lainnya mengenai AngularJS silakan klik di sini, tutorial AngularJS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *