Share

File torrent adalah file komputer yang berisi metadata tentang file dan folder yang akan didistribusikan, dan biasanya juga terdapat daftar lokasi jaringan pelacak, yaitu komputer yang membantu pengguna dalam sistem menemukan satu sama lain dan membentuk grup distribusi efisien yang disebut kawanan.

Singkatnya, file torrent bertindak sebagai kunci untuk memulai pengunduhan konten yang sebenarnya. Ketika seseorang tertarik untuk menerima file yang dibagikan baik itu berupa yaitu e-book, musik, dokumen, dll. Mereka harus terlebih dahulu mendapatkan file torrent yang sesuai dengan mengunduh file .torrent secara langsung atau dengan menggunakan tautan.

torrent

Bittorrent networking adalah bentuk file P2P (peer-to-peer) modern yang paling populer. Sejak 2006, bittorrent telah menjadi sarana utama bagi pengguna untuk berbagai perangkat lunak, musik, film, dan buku digital secara online. Torrents sangat tidak populer dengan MPAA, RIAA, dan otoritas hak cipta lainnya, tetapi sangat dicintai oleh jutaan mahasiswa di seluruh dunia.

Bittorrents (juga dikenal sebagai “torrents”) berfungsi dengan mengunduh file-file kecil dari berbagai sumber web yang berbeda pada saat yang bersamaan. Pengunduhan torrent sangat mudah digunakan, dan di luar beberapa penyedia pencarian torrent, torrent itu sendiri bebas dari biaya pengguna.

Perangkat lunak BitTorrent kemudian diperlukan untuk membuka file / tautan ini. Setelah perangkat lunak BitTorrent memindai file torrent / tautan, selanjutnya mencari lokasi penyebaran file yang sesuai. Untuk melakukannya, perangkat lunak ini akan mencoba untuk terhubung ke daftar pelacak yang ditentukan (dari metadata file torrent) dan mencoba koneksi langsung. Jika berhasil, konten yang sesuai kemudian akan mulai ditransfer. Ketika Anda mengunduh file torrent dan menambahkannya ke pengunduh seperti utorrent atau qBittorrent, beberapa hal terjadi di latar belakang. Klien Bittorrent mencoba untuk membuat koneksi ke pelacak untuk menerima daftar kawanan yang saat ini mentransfer potongan-potongan file.

Kelebihan menggunakan torrent :

  • Proses desentralisasi yang digunakan oleh P2P berarti bahwa file yang Anda unduh tidak di-host di server pusat. Jika satu sumber unduhan tidak aktif, Anda dapat mengandalkan sumber lain untuk menyelesaikan unduhan.
  • Jika Anda tiba-tiba terputus dari Internet atau PC Anda mati / restart, Anda akan dapat menyelesaikan unduhan setelah Anda kembali online. Tidak perlu memulai ulang dari awal.
  • Pengguna dengan kecepatan internet yang lambat, torrent dapat membantu Anda mengunduh file lebih cepat daripada menggunakan proses pengunduhan tradisional.
  • File mudah ditemukan dan diunduh.

Kekurangan menggunakan torrent :

  • Jika file yang Anda cari tidak memiliki serpihan, Anda tidak akan dapat mengunduhnya.
  • Anda tidak bisa mengetahui dengan pasti apa yang sebenarnya isi file yang Anda unduh.
  • File yang Anda unduh dan unggah pada saat yang sama dapat mengorbankan bandwidth Anda.
  • Semua orang mengunduh file torrent yang Anda dapat melihat alamat IP publik Anda. Itu termasuk ISP Anda atau kelompok hak cipta digital. Untuk melindungi privasi Anda saat menggunakan torrent, cukup gunakan VPN.