L O A D I N G
Profile image
  • Name

    Yudana
  • Title

    Website Developer
  • Phone

    -
  • Email

    me@yudana.com
  • Date of birth

    -
  • Age

    -
  • Residence

    Bali
  • Freelance Work

blog banner

Mari Bersama Negara Melawan HOAX

stop hoax
Share

Kemudahan menyebarkan informasi saat ini memiliki pengaruh positif dan negatif. Positif karena informasi bisa didapat dengan cepat serta adanya keterbukaan data. Begitupun juga informasi palsu dengan mudah menyebar yang merupakan dampak negatifnya.

HOAX adalah infomasi palsu atau kebohongan yang sengaja dibuat untuk menyamarkan kebenaran. HOAX menjadi dipercaya karena penyajiannya kontennya rapi, menarik dan tidak sedikit yang bombastis. Kemudian kemudahan membagikan berita palsu di berbagai platform sosial media menyebabkan HOAX semakin cepat menyebar.

Bagaimana cara menghindari atau memastikan suatu informasi itu HOAX:

  1. Berbagi link di sosial media adalah cara paling banyak dan mudah yang dilakukan untuk menyebarkan HOAX. Cek nama domain dari link yang dibagikan, jangan mudah percaya dengan domain/subdomain gratisan. Pastikan link yang dibagikan adalah dari media yang terpercaya.
  2. Screenshot dari suatu website belum tentu benar. Konten suatu website bisa dirubah dengan mudah sebelum di screenshot atau hasil screenshot dimanipulasi sesuai dengan kebutuhan pembuat HOAX.
  3. Baca informasi secara keseluruhan, jangan hanya judul saja. Semua pembuat konten pasti akan membuat judul yang menarik untuk mengundang pembaca. Bukan hanya pembuat HOAX, portal berita pun akan melakukan hal sama karena semua bersaing membuat konten.
  4. Anda yang mencari informasi, bukan informasi yang mencari Anda. Seringkali konten HOAX menyebar bukan karena dicari, tapi konten ini yang mencari Anda. Misalnya orang yang tidak menyukai politik tidak sengaja membuka informasi palsu mengenai politik yang disebar dari sosial media dan kemudian terpapar HOAX.
  5. Cari perbandingan dan cocokan data, jangan mudah percaya hanya dari satu sumber. Penyajian data dalam konten HOAX akan dibuat dengan rapi seakan-akan datanya benar. Pastikan Anda memang mendapatkan data dari sumber yang kredibel.
  6. Konten berupa gambar tentunya akan lebih menarik perhatian dibandingkan dengan hanya berupa text. Jangan mudah percaya dengan gambar seseorang kemudian berisi kutipan. Jika Anda memang senang mencari kutipan-kutipan dari berbagai tokoh, carilah diĀ https://en.wikiquote.org/wiki/Main_Page

Ada beberapa tujuan HOAX:

  1. Bagaimana pun HOAX adalah konten. Semakin banyak yang melihat, semakin banyak disebar, dan semakin banyak yang percaya maka pembuat HOAX akan mendapat keuntungan.
  2. Menyebarkan propaganda untuk mempengaruhi pandangan atau pendapat dari masyarakat.
  3. Lucu-lucuan, ya terkadang HOAX dibuat hanya untuk humor.

Mari bersama-sama perangi HOAX, saring sebelum sharing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *