L O A D I N G
Profile image
  • Name

    Yudana
  • Title

    Website Developer
  • Phone

    -
  • Email

    me@yudana.com
  • Date of birth

    -
  • Age

    -
  • Residence

    Bali
  • Freelance Work

blog banner

Pengertian Dan Perbedaan Dari Surface Web Deep Web Dark Web

web
Share

Istilah deep web dan dark web kembali ramai saat ini, mulai dari kasus penjualan data penguna sampai kepada isu konspirasi dari pandemi covid19. Sebenarnya apa itu deep web dan dark web? seberapa keren kah kita kalau menggunakan istilah-istilah tersebut dalam interaksi sosial? hehehe….

Saat ini internet penuh dengan informasi. Semua orang membaca artikel sesuai dengan minat mereka dan mendapatkan informasi yang dicari. Internet terdiri dari miliaran perangkat yang terhubung bersama dan berbagi informasi di seluruh dunia.

Ketika kebanyakan orang mulai mencari konten web, mereka akan berpikir tentang konten yang mereka temukan dengan mencari atau atau mendapatkan pertautan. Konten ini termasuk artikel berita, posting blog, dan informasi umum yang ditemukan di situs web. Google dan mesin pencari lainnya akan mengindeks konten web ini dan mempermudah orang untuk menemukannya. Proses pengindeksan ini bergantung pada tautan di setiap halaman dan koneksi di antara mereka. Tautan merupakan faktor penting dalam apa yang ditemukan dalam hasil pencarian. Tetapi bagaimana dengan konten atau halaman yang tidak ditautkan? Di sinilah merupakan deep web.

Surface Web

Surface web adalah web normal yang dapat dilihat oleh semua pengguna yang menggunakan internet. Situs web dalam kelompok ini diindeks oleh mesin pencari. Google dan Bing adalah contoh mesin pencari populer meskipun ada mesin pencari lainnya. Pengguna dapat membuka situs web dan mendapatkan informasi.

Deep Web

Deep web adalah web rahasia yang tidak terlihat oleh pengguna normal. Deep web terdiri dari situs web atau halaman apa pun yang tidak diindeks oleh mesin pencari, sehingga tidak bisa ditemukan ketika Anda mencarinya di mesin pencari. Mungkin banyak orang yang mengartikan negatif, deep web bukan hanya tempat para penjahat, pengguna narkoba, teroris, dan seksualitas. Dalam pengunaan tertentu, intranet organisasi atau perusahaan adalah deep web karena tidak ada orang di luar perusahaan yang memiliki akses ke informasi di dalamnya. Bahkan situs web yang hanya dapat Anda masuki dengan nama pengguna dan kata sandi, seperti akun email, layanan cloud, situs perbankan dapat digolongkan sebagai deep web.

Dark Web

Saat ini, Dark Web didefinisikan sebagai informasi atau halaman yang hanya dapat Anda akses melalui apa yang disebut “network overlay”, karena berjalan di atas internet normal dan akses yang tidak jelas. Anda akan memerlukan perangkat lunak khusus untuk mengakses dark web karena banyak enkripsi, dan sebagian besar halaman dark web di-host secara anonim. Ada beberapa alat yang digunakan untuk menjangkau bagian-bagian internet ini. TOR (The Onion Router) adalah alat paling populer untuk mengakses dark web. Karena aksesibilitas yang sangat spesial ini menjadikan dark web adalah tempat yang sangat nyaman untuk berbagi informasi yang sebenarnya ilegal di dunia nyata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *