L O A D I N G
Profile image
  • Name

    Yudana
  • Title

    Website Developer
  • Phone

    -
  • Email

    me@yudana.com
  • Date of birth

    -
  • Age

    -
  • Residence

    Bali
  • Freelance Work

blog banner

Perbandingan Antara AngularJS, Angular 2 Dan Angular 4

angularjs
Share

Angular dianggap sebagai salah satu framework JavaScript open-source terbaik. Tim Angular di Google telah merilis Angular 2 sebagai perubahan total dari framework Angular 1 (AngularJS). Bagi Anda yang masih belajar framework Angular, tulisan ini akan menawarkan perbandingan Angular 1 (AngularJS), Angular 2, dan Angular 4.

Perbedaan antara AngularJS dengan Angular
Jadi apa perbedaan antara AngularJS dan Angular? Pertama-tama,
AngularJS didasarkan pada JavaScript sementara itu Angular didasarkan pada TypeScript. AngularJS menggunakan konsep lingkup dan pengontrol. Untuk lingkup variabel Anda dapat menambahkan banyak variabel yang terlihat dan ada di Controller. AngularJS juga memiliki konsep rootScope. Variabel di rootScope tersedia di semua aplikasi. Angular tidak memiliki konsep lingkup atau pengontrol. Angular menggunakan hirarki komponen sebagai konsep arsitektur utamanya. Komponen adalah arahan dengan template. Sebuah pendekatan yang sama seperti di ReactJS.

Mengapa tidak ada Angular 3?
Untuk mencegah konflik versi paket router, tim Angular memutuskan untuk melewati versi 3 dan langsung ke Angular v4. Dengan cara ini, semua paket inti akan selaras dan lebih mudah untuk dipertahankan serta membantu menghindari kebingungan di masa depan.

Fitur Angular versi 4.0

Engine dengan kode yang lebih sedikit : Engine baru ini diperkenalkan di Angular 4 di mana kode komponen yang dihasilkan dapat dikurangi hingga 60%. Bundel dikurangi menjadi ribuan KB.

Router ParamMap : Sebelum Angular 4, struktur objek sederhana digunakan untuk menyimpan parameter rute.

Perbedaan Arsitektur

Versi 1.0 vs. Versi 2.0
Angular 2 menunjukkan perubahan substansial dalam struktur dibandingkan dengan versi 1.0. Arsitektur AngularJS didasarkan pada MVC sedangkan arsitektur Angular 2 didasarkan pada service / controller. Ada kemungkinan yang sangat kecil untuk melakukan update dari Angular 1 ke 2, karena programmer harus menulis ulang seluruh kode aplikasi.

Versi 2.0 vs Versi 4.0
Peningkatan versi dari 2.0 ke 4.0 telah mengurangi ukuran file yang dibundel sebesar 60%. Kode yang dihasilkan berkurang dan mempercepat pengembangan aplikasi. Di sini kode yang dikembangkan dapat digunakan untuk mode prod dan debug.

JavaScript dan TypeScript

v 1.0 vs. v 2.0
Angular JS menggunakan JavaScript untuk membangun aplikasi, sementara dari Angular v2.0, tim Angular memperkenalkan skrip untuk menulis aplikasi. TypeScript adalah superset JavaScript yang membantu membangun kode yang lebih kuat dan terstruktur. Serta dapat digunakan oleh pengembang bersama dengan TypeScript di versi 2.0.

v 2.0 vs v 4.0
Angular v4.0 kompatibel dengan versi yang lebih baru TypeScript 2.1 dan TypeScript 2.2. Hal Ini membantu pengecekan tipe yang lebih baik dan fitur IDE yang ditingkatkan untuk Visual Studio Code.

Harus mulai dari mana?

Untuk pemula Angular, saya sarankan Anda mulai dengan Angular 2, karena lebih sederhana dari Angular 4, dan mudah untuk meningkatkan kode aplikasi Anda serta memudahkan pembaruan fitur ketika Anda memutuskan untuk beralih ke 4. Sedangkan Angular 1 sudah tidak dilanjutkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *