Semua Hal Yang Harus Anda Ketahui Sebelum Menambang Bitcoin

Share

Seperti kita ketahui sekarang, harga Bitcoin sangat tinggi malah menjadi mata uang paling mahal di dunia. Klik Apa itu Bitcoin?

Mining atau menambang adalah proses menambahkan catatan transaksi ke buku besar Bitcoin, yang disebut Blockchain. Sehingga setiap transaksi dapat dikonfirmasi, dan setiap pengguna jaringan dapat mengakses buku besar ini. Hal ini juga digunakan untuk membedakan transaksi Bitcoin yang sah dari upaya pengembalian uang yang telah dikeluarkan di tempat lain. Pada dasarnya, penambang melayani komunitas Bitcoin dengan mengkonfirmasikan setiap transaksi dan memastikan bahwa setiap transaksi adalah sah. Setiap kali blok baru ditutup, seorang penambang mendapat hadiah. Sampai dengan bulan Oktober 2017, bounty mencapai 12,5 Bitcoin per blok.

Memilih Hardware Untuk Menambang Bitcoin

Mengingat kompleksitas yang terlibat dalam penambangan Bitcoin, sangat penting untuk berinvestasi dengan menggunakan perangkat keras yang tepat. Ada beberapa karakteristik yang perlu dipertimbangkan saat memilih peralatan yang paling sesuai untuk Anda, dan salah satunya adalah hash rate. Hash rate adalah jumlah perhitungan yang bisa dilakukan perangkat keras Anda setiap detiknya. Ini adalah parameter yang sangat penting, karena hash rate yang lebih tinggi jelas akan meningkatkan peluang Anda untuk memecahkan masalah matematika, menyegel blok dan mengumpulkan ‘hadiah’ untuk Anda.

Semakin kuat perangkat keras Anda, semakin banyak listrik yang dibutuhkan. Sebelum melakukan pembelian, Anda perlu mempertimbangkan konsumsi listrik dari perangkat keras yang Anda pakai dalam watt dan menghitung berapa banyak tagihan listrik Anda. Anda tentunya tidak ingin menghabiskan semua uang Anda untuk biaya listrik dengan menambang Bitcoin yang belum tentu Anda dapatkan.

Kategori perangkat keras untuk menambang Bitcoin yang paling tidak kuat adalah komputer Anda sendiri. CPU adalah singkatan dari Central Processing Unit, artinya merupakan inti dari komputer Anda. Satu-satunya cara untuk menambang Bitcoin dari hari ke hari, dan dengan biaya yang sangat efektif, Anda tentunya membutuhkan sebuah komputer dengan prosesor yang cukup kuat.

GPU adalah singkatan dari Graphical Processing Unit, yang merupakan fitur kartu grafis kelas atas. GPU dirancang secara khusus sehingga mereka dapat menghitung semua poligon kompleks yang dibutuhkan dalam video game high-end, yang membuat mereka sangat hebat dalam matematika hashing yang diperlukan untuk memecahkan blok transaksi.

Software Untuk Menambang Bitcoin

Bergantung pada jenis peralatan yang Anda pilih, Anda akan perlu memasang perangkat lunak untuk penambangan. Menggunakan GPU dan FPGA mengharuskan Anda memiliki komputer host yang menjalankan standar Bitcoin client dan perangkat lunak untuk proses penambangan. Bitcoin client diperlukan untuk menyampaikan informasi antara perangkat penambang Anda dengan jaringan Bitcoin, sementara perangkat lunak penambangan adalah yang menginstruksikan perangkat keras untuk melakukan tugasnya, melalui blok transaksi untuk dipecahkan.

Software Fitur Platform Download
Bitcoin Miner Antarmuka yang mudah digunakan, mode hemat daya, dukungan mining pool, laporan keuntungan. Windows, MacOS Link
CGMiner Kemampuan mengontrol kecepatan kipas, kemampuan remote antarmuka, deteksi blok baru dengan database mini, dukungan multi GPU, dukungan penambangan CPU Windows, MacOS, Linux Link
BFGMiner Mirip dengan CGMiner Windows, MacOS, Linux Link
EasyMiner Mendukung berbagai protokol penambangan, bisa digunakan untuk penambangan solo dan pool, grafik kinerja. MacOS, Linux Link
RPC Miner Integrasi dengan MacOs API MacOS Link

Apa Itu Mining Pool?

Mining pool adalah pendekatan penambangan dimana beberapa pengguna menyumbangkan daya komputasi mereka ke generasi blok. Sebuah pool memiliki kesempatan yang jauh lebih besar untuk memecahkan sebuah blok dan mendapatkan hadiah, meskipun hadiah tersebut akan dibagi antar anggota sesuai dengan kekuatan pemrosesan yang disumbangkan. Jadi, bergabung dalam pool bisa menciptakan arus pendapatan yang stabil, meskipun setiap pembayaran akan cukup sedikit dibandingkan dengan hadiah blok penuh.

Apakah Menambah Bitcoin Akan Selalu Mendapatkan Keuntungan?

Secara teori, penambangan masih dimungkinkan bagi siapa saja, tapi hanya mereka yang memiliki mesin bertenaga tinggi yang dapat menghasilkan keuntungan dengan menambang kripto. Kebanyakan penambang individu dan pool yang lebih kecil akan menghabiskan lebih banyak uang untuk membayar tagihan listrik ataupun berinvestasi dengan membeli hadware daripada yang dihasilkan melalui proses penambangan.

Selain itu, penambang rumah rata-rata bisa sangat rentan terhadap masalah sepele seperti kegagalan perangkat keras, pemadaman listrik, pemutusan jaringan dan penurunan harga. Kemungkinan besar mereka akan berjuang menjadikan keuntungan menambang untuk menutup biaya perangkat keras dan listrik yang dipakai. Dengan demikian, mengingat keadaan sekarang, profitabilitas pertambangan Bitcoin untuk penambang rumah sangat tidak mungkin terjadi ataupun kecil.

1 Comment

  1. harga bitcoin sekarang naik terus ya, jadi perlu nambah2 ilmu nih tentang bitcoin.

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

*