L O A D I N G
Profile image
  • Name

    Yudana
  • Title

    Website Developer
  • Phone

    -
  • Email

    me@yudana.com
  • Date of birth

    -
  • Age

    -
  • Residence

    Bali
  • Freelance Work

blog banner

Tutorial Cara Instalasi Database SQLite Di Linux

SQLite
Share

Menyambung tulisan saya mengenai SQLite di sini, pada artikel ini saya akan menunjukkan bagaimana cara menginstall SQLite di Linux dan bagaimana cara menggunakannya.

Ada berbagai macam manajer basis data saat ini. Dari semuanya, MySQL memang tetap menjadi yang paling menonjol dalam dunia open source. Di sisi lain, PostgreSQL juga merupakan alternatif yang kuat serta memiliki pengguna yang tinggi dalam kalangan enterprise.

SQLite adalah perangkat lunak basis data yang ringan. Sama seperti basis data lainnya yang merupakan aplikasi baris perintah. Anda harus menggunakan baris perintah atau SQLite API pada bahasa pemrograman lain untuk menggunakan database SQLite. SQLite memiliki grafis front-end SQLite Browser untuk bekerja dengan database SQLite secara grafis.

Saya menggunakan Ubuntu 18.04 LTS.

Pertama-tama perbarui cache repositori paket apt dengan perintah berikut:

Sekarang untuk menginstal SQLite, jalankan perintah berikut :

SQLite sudah terinstall, untuk memastikan proses instalasi sudah benar, jalankan perintah berikut:

Hasilnya seperti di bawah ini

Sama seperti kita ketika berhasil menginstall MySQL, kita bisa menggunakan terminal untuk melakukan berbagai perintah dalam database. Untuk mempemudah melakukan pengelolaan database, kita memerlukan database GUI. Ada banyak pilihan dalam memilih GUI untuk SQLite, namun dalam tutorial ini saya memilih SQLite browser.

Untuk instalasi SQLite Browser, jalankan perintah di bawah ini :

Jika proses instalasi berhasil, maka akan muncul SQLite Browser di applications. Kemudian di klik, tampilannya akan seperti di bawah ini :

sqlite browser

Jika Anda telah terbiasa menggunakan berbagai GUI dari MySQL maupun Postgre SQL, tentunya tidak akan sulit untuk menggunakannya.

Untuk mulai menggunakannya, klik “New Database” kemudian dikarenakan SQLite akan menyimpan langsung database dalam harddisk maka kita harus menentukan nama file-nya. Misal “db_coba”, setelah itu akan muncul pop up untuk mulai membuat tabel dari database ini. 

create sqlite db

Untuk melakukan manipulasi data Anda bisa pilih tab “Browser Data” begitu pula untuk mengeksekusi custom kueri Anda bisa menggunakan tab “Execute SQL”. Bisa dibilang sangat sederhana dan mudah menggunakannya. Semua properties dari database yang Anda buat akan di simpan pada file yang telah Anda buat sebelumnya, biasanya ada 2 file : 1 file database dan 1 file jurnal. Pastikan Anda tidak menghapus file-file tersebut 🙂

Artikel selanjutnya bagaimana cara menggunakan Python dengan SQLite.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *