Tutorial Membuat Stored Procedure Dengan Menggunakan MySQL

Share

Stored procedure adalah kumpulan pernyataan/procedure SQL yang disimpan dalam database. Stored procedure dapat menerima parameter, dan Anda dapat mengatur variabel, menulis pernyataan IF, dan lainnya dalam stored procedure.

Sebagian besar dari kita cukup akrab dengan pengaturan normal untuk membangun aplikasi database, yaitu: membuat database, membuat tabel, mengatur indeks, CRUD data dan sebagainya. Alur kerja itu berfungsi dengan baik dalam banyak kasus, tetapi ada satu aspek penting dari pemrograman basis data yang hilang: stored procedure.

Stored procedure dikompilasi sekali dan disimpan dalam bentuk yang dapat dieksekusi kembali. Sehingga prosedur dapat dipanggil dengan cepat dan efisien. Kode yang dapat dieksekusi secara otomatis di-cache dan dibagikan di antara pengguna. Hal ini menyebabkan terjadinya penurunan kebutuhan memori. Dengan mengelompokkan pernyataan SQL, stored procedure memungkinkan laporan diproses dengan satu panggilan yang kemudian bisa mengurangi lalu lintas jaringan dan meningkatkan waktu respon.

Berikut ini ada kelebihan menggunakan stored procedure:

  1. Performa Yang Lebih Baik
    Stored Procedure dikompilasi dan kemudian di-cache dan digunakan lagi. Sehingga waktu respon akan menjadi lebih cepat ketika stored procedure yang sama dieksekusi lagi.
  2. Modular
    Jika beberapa aplikasi ingin menggunakan query yang sama, maka dengan cara tradisional Anda menduplikasi kode yang tidak perlu pada aplikasi, cara terbaik adalah menempatkan kode ke dalam database.
  3. Keamanan Lebih Baik
    Aplikasi yang memanfaatkan pernyataan  sql yang dibuat secara dinamis sangat rentan terhadap serangan injeksi SQL, sedangkan stored procedure dapat menghindari serangan injeksi SQL sepenuhnya.

Bagaimana Cara Membuat Stored Procesure?

Secara garis besar, format untuk membuat stored procedure seperti di bawah ini

Misalnya saya menggunakan table yang sudah dibuat dalam artikel sebelumnya, tb_anggota. Untuk melihat data di dalam tb_anggota :

melihat isi data dalam table

Kode untuk membuat stored procedure

Hasilnya seperti ini :

cara membuat stored procedure

Untuk memanggil stored procedure, sangat mudah :

Hasilnya seperti di bawah ini :

hasil stored procedure

Kebetulan saya sebenarnya mengunakan MariaDB, untuk lebih jelasnya silakan klik di sini. Tapi fungsinya akan berjalan sama dengan di MySQL.

CATATAN: Semua operasi di atas akan membutuhkan akses sebagai admin di server MySQL.

2 Comments

  1. wah sip bang trus misal kalo kita mau cek email aja dengan semua data gimana caranya bang

    • mm
      yudana

      November 18, 2018 at 2:36 am

      Maksudnya parameter yang di kirim ke stored procedure itu berupa email? tinggal ganti nama parameter dan tipe datanya jadi varchar

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

*