L O A D I N G
Profile image
  • Name

    Yudana
  • Title

    Website Developer
  • Phone

    -
  • Email

    me@yudana.com
  • Date of birth

    -
  • Age

    -
  • Residence

    Bali
  • Freelance Work

blog banner

Tutorial Menggunakan SubQuery Dengan MySQL

MySQL
Share

Subquery adalah kueri dalam kueri, bisa disebut juga sebagai permintaan dalam permintaan atau permintaan bersarang. Subquery dapat digunakan di mana pun ekspresi diizinkan. Subquery adalah ekspresi kueri yang terdapat di dalam tanda kurung. Subquery dapat digunakan dengan pernyataan SELECT, INSERT, UPDATE, atau DELETE.

Subquery MySQL disebut queri dalam, sedangkan queri yang berisi subquery disebut queri luar. Ada lebih dari satu cara untuk menjalankan tugas SQL. Banyak subquery yang bisa diganti dengan SQL join. Alasan menggunakan SQL join adalah biasanya lebih cepat.

Table dalam database yang akan saya gunakan hanya dua dalam tutorial sederhana ini. Seperti biasa saya akan menggunakan database db_belajar, table tb_anggota dan tb_absensi.

Tambahkan data ke dalam tabel di atas:

Misalnya kita akan mencari umur paling tua dari data di atas

Atau akan menampilkan data hanya yang memiliki umur di bawah rata-rata umur anggota

Jika kita akan mencari data anggota yang sama sekali tidak ada di table tb_absensi

Bisa juga menggunakan WHERE untuk mencari data absensi pada tanggal tertentu

Sebenarnya penggunaan SubQuery akan bisa menjadi sangat kompleks kalau kedalaman kuerinya lebih dari satu. Sebisa mungkin menggunakan pernyataan JOIN untuk melakukan operasi seperti ini. Sebuah kueri LEFT / OUTER JOIN bisa lebih cepat daripada subquery yang setara karena server mungkin dapat mengoptimalkannya lebih baik. Kemudian pengunaan IN adalah operator yang sangat lambat, karena SQL biasanya mengevaluasinya sebagai serangkaian klausa WHERE yang dipisahkan oleh “OR”.

Silakan klik di sini untuk melihat tutorial MySQL lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *