L O A D I N G
Profile image
  • Name

    Yudana
  • Title

    Website Developer
  • Phone

    -
  • Email

    me@yudana.com
  • Date of birth

    -
  • Age

    -
  • Residence

    Bali
  • Freelance Work

blog banner

Vue JS Framework Javascript Ringan Dan Powerfull

vue js
Share

Framework JavaScript membantu kita membuat aplikasi modern. Aplikasi JavaScript modern sebagian besar digunakan di Web, tetapi juga memberi kemudahan pada banyak aplikasi Desktop dan Mobile.

Vue dibuat oleh Evan You setelah bekerja untuk Google menggunakan AngularJS di sejumlah proyek. Vue awalnya dirilis pada bulan Februari 2014. Vue lahir dari kebutuhan untuk membuat kinerja aplikasi lebih baik. Vue memilih beberapa sintaks template dari Angular, dan menghapus banyak sintaks yang membuatnya sangat ringan.

Vue adalah Framework JavaScript yang sangat populer dan mengalami pertumbuhan sangat besar. Sederhana dan kecil (~ 24KB), tapi sangat powerfull. Mungkin sedikit berbeda dari semua Framework JavaScript lainnya. Vue sangat fleksibel, tetapi fakta bahwa inti dari Vue memiliki dua paket yang sangat penting untuk aplikasi web apa pun (seperti routing dan state management) membuatnya jauh lebih terfragmentasi daripada React. Sebagai contoh: vue-router dan vuex adalah kunci keberhasilan Vue.

Berikut ini adalah keuntungan menggunakan teknologi Vue.js dalam pengembangan web.

1. Berukuran Kecil

Keberhasilan Framework JavaScript tergantung pada ukurannya. Semakin kecil ukurannya, semakin banyak yang akan menggunakan. Salah satu keunggulan terbesar Vue.js adalah ukurannya yang kecil. Ukuran framework ini sekitar 18 – 21KB sehingga bisa dibilang tidak membutuhkan waktu bagi pengguna untuk mengunduh dan menggunakannya.

2. Mudah Memahami dan Mengembangkan Aplikasi

Salah satu alasan mengapa popularitas framework ini terus meningkat adalah Vue cukup mudah dimengerti. Pengguna dapat dengan mudah menambahkan Vue.js ke proyek webnya karena strukturnya yang sederhana.

3. Sederhana

Vue.js juga populer di kalangan pengembang web karena memfasilitasi mereka untuk berintegrasi dengan aplikasi yang ada. Vue didasarkan pada framework JavaScript yang dapat diintegrasikan ke dalam aplikasi lain yang dibangun di atas JavaScript.

4. Dokumentasi Yang Mendetail

Dokumentasi Vue.js sangat komprehensif sehingga setiap pengguna yang tahu sedikit tentang JavaScript dan HTML dapat mengembangkan aplikasi atau halaman web sendiri.

5. Fleksibilitas

Vue Js memungkinkan pengguna untuk menulis template-nya dalam file HTML, file JavaScript, dan file JavaScript murni menggunakan node virtual. Fleksibilitas ini juga memudahkan untuk dipahami oleh pengembang React.js, Angular.js, dan framework JavaScript baru lainnya.

6. Komunikasi Dua Arah

Vue.js juga memfasilitasi komunikasi dua arah karena arsitektur MVVM-nya yang membuatnya mudah menangani blok HTML. Dalam hal ini, sangat dekat dengan Angular.js yang juga mempercepat blok HTML.

Contoh Sederhana Menggunakan Vue Js

Seperti contoh di atas, kita cukup memanggil Vue JS dengan script

Vue.js memungkinkan kita untuk secara render mendeklarasikan data ke DOM, menggunakan statement kondisi dan perulangan. Tentunya kalau Anda familiar dengan Angular, maka tidak begitu sulit untuk mempelajarinya.

Setiap aplikasi Vue dimulai dengan membuat instance Vue baru dengan fungsi Vue:

Instance merupakan inti dari Vue, untuk lebih jelasnya Anda bisa membaca lebih detail di sini.

Pada artikel selanjutnya akan saya buatkan tutorial CRUD dengan Vue JS.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *