L O A D I N G
Profile image
  • Name

    Yudana
  • Title

    Website Developer
  • Phone

    -
  • Email

    me@yudana.com
  • Date of birth

    -
  • Age

    -
  • Residence

    Bali
  • Freelance Work

blog banner

WebP Format Gambar Baru Dari Google

webp
Share

WebP adalah format gambar modern yang memberikan kompresi lossless dan lossy untuk gambar di web. Dengan menggunakan WebP, webmaster dan pengembang web dapat membuat gambar dengan ukuran yang lebih kecil tanpa mengurangi kualitas gambar sehingga membuat web menjadi lebih cepat. Hal ini akan sangat berguna untuk pengguna mobile karena konsumsi bandwidth yang lebih sedikit.

Google menjanjikan gambar WebP lossless berukuran 26% lebih kecil dibandingkan dengan PNG. Sedangkan gambar WebP lossy sekitar 25-34% lebih kecil dari gambar JPEG sebanding pada indeks kualitas SSIM yang setara.

Keunggulan WebP

Seperti dijelaskan di atas, keunggulan WebP adalah ukurannya yang lebih kecil. Mengompresi file gambar untuk membuatnya lebih kecil dan lebih efisien biasanya menghilangkan kualitasnya. Secara umum, semakin Anda mengompres gambar, maka semakin buruk tampilannya misalnya gambar akan menjadi banyak noise. Gambar yang disimpan dalam format WebP dapat dibuat secara signifikan lebih kecil dari JPEG dan PNG dan tentunya dengan kualitas yang sama. Hal yang penting juga adalah bahwa format gambar WebP mendukung transparansi. Gambar transparan sangat berguna di web tentunya. Anda dapat menggunakannya untuk logo dan lain sebagainya. Alternatif dari png yang lumayan menarik.

Format gambar WebP berpotensi mempercepat situs web Anda, bahkan lebih baik daripada menggunakan PNG atau JPEG terkompresi. Hal ini dikarenakan WebP menggunakan algoritma kompresi yang lebih efisien. WebP hadir dalam varietas lossy dan lossless dan menghasilkan ukuran file yang lebih kecil dengan kualitas yang sebanding.

Kelemahan WebP

Meskipun WebP menawarkan begitu banyak manfaat, mengapa hal ini tidak digunakan oleh lebih banyak orang? Kelemahan utama adalah bahwa format gambar WebP saat ini tidak didukung oleh semua browser, meskipun semakin banyak browser telah menambahkan dukungan. Silakan klik di sini untuk melihat daftar web browser yang mendukung WebP.

Tentunya kalau kita menggunakan WebP di web, kita juga harus memikirkan bagaimana gambar akan dimuat di web browser yang tidak mendukung WebP. Sehingga akan membutuhkan sedikit lebih banyak pekerjaan, tetapi dapat bermanfaat untuk penghematan kinerja.

Bagaimana Cara Membuat Gambar WebP?

Untuk mengkonversi gambar menjadi formar WebP, silakan klik di sini. Anda juga bisa menggunakan tool konversi online, namun akan lebih baik jika bisa dilakukan di PC sendiri.

Ada banyak format gambar yang bisa digunakan di web. Silakan klik Perbedaan Format Gambar JPG PNG GIF dan SVG Untuk Website

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *