Hilangnya Jarak Dan Waktu Dalam Dunia Yang Serba Digital

Share

Tanpa kita sadari, secara bertahap semua perangkat ataupun alat yang kita gunakan sehari-hari akan berubah menjadi digital. Contoh kecil, bagaimana kamera analog secara perlahan mati oleh kamera digital. Kemudian mesin ketik yang sudah digantikan oleh aplikasi office dan printer untuk mencetaknya. Dan bahkan buku fisik pun kini telah mulai tergeser oleh e-book.

Dunia digital telah membuat hidup menjadi lebih mudah. Kita tidak perlu lagi menyiapkan tempat yang banyak untuk menyimpan dokumen, album foto ataupun kaset pita. Karena semuanya sudah bisa disimpan secara digital, dan dengan komputasi awan kita bahkan tidak perlu menyimpannya hard drive sendiri. Sehingga kita bisa menggunakannya di mana saja dan kapan saja, asalkan tersedia koneksi internet.

Internet dan Smartphone Telah Merubah Dunia

Internet di Indonesia sudah mulai berkembang dengan pesat mulai akhir 1990an, kemudian dengan menjamurnya warnet membuat akses internet menjadi semakin menyebar di berbagai tempat. Namun, tentunya tidak semua orang dapat dengan mudah menggunakannya. Sebagian besar pengguna warnet adalah kaum muda, belum menyentuh orang tua ataupun orang di desa. Itupun untuk mengakses internet kita terlebih dahulu harus memiliki komputer ataupun laptop. Internet bisa dinikmati di rumah oleh keluarga yang berlangganan koneksi internet, tentunya tidak semua bisa mendapatkannya karena mahalnya biaya instalasi yang biaya berlangganannya.

Semenjak era smartphone dimulai, sekitar tahun 2007. Perlahan namun pasti penetrasi penggunaan internet semakin besar. Para vendor smartphone berlomba membuat perangkat yang mudah dipakai dan tentunya berharga murah. Smartphone mulai menggantikan feature phone, karena banyak perangkat yang bisa digantikan hanya oleh satu smartphone. Mendengarkan musik, memutar video, kamera, internet, email dan lain sebagainya semua bisa dilakukan oleh smartphone. Dengan harga yang semakin murah kemudian berdampak pada mudahnya orang untuk membeli. Smartphone tentunya tidak smart tanpa koneksi internet. Terhubung dengan internet adalah hal yang wajib bagi pengguna smartphone. Mulai akhir tahun 2014, jumlah pengguna perangkat mobile sudah mulai melewati pengguna komputer dalam hal menggunakan internet. Apalagi ini didukung oleh provider telekomunikasi seluler yang menawarkan tarif yang murah untuk penggunaan layanan data.

sumber foto : https://www.internetworldstats.com/stats.htm

Dari data diatas sampai Juni 2018 ada 4,2 milyar orang yang sudah terhubung dengan internet. Berarti sudah lebih dari setengah penduduk dunia yang bisa saling berinteraksi di dunia maya. Kadang, 1 orang orang bisa memiliki lebih dari satu perangkat untuk mengakses internet. Bisa dibayangkan berapa banyak perangkat yang terhubung di dunia digital.

Sosial Media Adalah Penemuan Terbaik Di Era Milenial

Sosial media mungkin penemuan paling fenomenal oleh manusia di era milenial. Orang bisa terhubung dengan satu dan lainnya dalam sebuah platform, mereka bisa berbicara, mengupload foto atau video, menyebarkan informasi dan bahkan berjualan. Era sosial media di Indonesia dimulai oleh Friendster, dan sampai yang populer hari ini semacam facebook, twitter dan instagram. Sosial media menjadi tempat bersosialisasi paling efektif saat ini. Di tengah kesibukan seseorang kemudian terbatasnya waktu, sosial media adalah sarana yang sangat mudah digunakan untuk berinteraksi dengan sesama.

Sosial media sudah sangat menyebar bahkan sampai ke pelosok desa. Mulai dari anak-anak sampai orang tua menggunakannya. Bahkan orang tua yang dulunya gaptek, mulai mau belajar menggunakan teknologi karena adanya sosial media. Orang tua mungkin bisa melakukan kontrol terhadap anaknya hanya dengan memantau sosial media anaknya. Melakukan telepon sekarang bukan hanya mendengar suara, video call sudah lumrah digunakan. Orang sudah tidak mempedulikan pulsa pada handphone, asalkan masih ada paket data.

Aplikasi chatting adalah aplikasi favorit untuk berbicara dengan sesama. Ini adalah aplikasi wajib, dan secara langsung mematikan layanan sms. Bukan hanya mengirim teks, kita bisa mengirim foto, video, dokumen dan bahkan lokasi kepada teman dengan sangat mudah. Membuat group akan membantu Anda berbicara dengan banyak orang dalam satu waktu. Entah itu group kantor, komunitas atau group teman waktu SMA. Sangat mudah untuk sekedar mengobrol atau curhat.

Foto, upload, like dan komentar mungkin adalah kewajiban sehari-hari bagi para anak muda dengan sekarang. Mereka akan terlihat eksis di dunia digital dengan mengupload segala kegiatannya dalam sehari. Upload foto makanan, mencoba baju baru, bertemu teman lama dan bahkan ketika sedang mendapatkan kesialan. Semua informasi tersebut bisa diposting dengan mudah di sosial media. Kemudian teman-temannya mulai memberikan komentar atau sekedar memberikan emoticon, di sanalah letak keseruannya.

Live! fitur ini sedang banyak disukai oleh orang. Kita bisa menyebarkan segala kegiatan yang kita lakukan secara langsung untuk orang-orang yang terhubung dengan kita. Tinggal ambil smartphone, buka aplikasi serta kamera, dan Live , kemudian apa yang kita lakukan bisa dilihat oleh teman saat itu bahkan bisa kita lakukan ketika bangun pagi.

Masa Depan?

Lalu bagaimana kelanjutannya setelah semua orang sangat mudah untuk terhubung antara satu dengan yang lainnya secara digital?

Internet of Things

Internet of things (IoT) adalah konsep komputasi yang mampu menggambarkan  objek fisik sehari-hari yang terhubung ke internet dan mampu mengidentifikasikan dirinya sendiri ke perangkat lain. Istilah ini erat kaitannya mengidentifikasi dengan RFID sebagai metode komunikasi, meskipun juga mungkin termasuk menggunakan teknologi sensor lain, teknologi nirkabel atau kode QR. Kebanyakan orang berpikir tentang bagaimana cara menghubungkan komputer, tablet, dan smartphone mereka. IoT membuat sebuah dunia di mana hampir semua perangkat dapat dihubungkan dan berkomunikasi dengan cara yang cerdas.

Internet of Things bisa merubah cara kerja di berbagai bidang. Contohnya dalam dunia media, perangkat yang terhubung dapat membantu para petugas medis memantau pasien di dalam dan di luar rumah sakit. Kemudian sistem komputer dapat mengevaluasi data untuk membantu petugas medis untuk menyesuaikan perawatan dan meningkatkan kesehatan pasien. Contoh sederhana lain, tong sampah cerdas dapat memberitahukan petugas kebersihan ketika mereka mereka sudah penuh, sehingga petugas dapat mengoptimalkan rute pengumpulan sampah dengan memprioritaskan tong sampah yang sudah penuh.

Kecerdasan Buatan

AI (artificial intelligence) atau kecerdasan buatan adalah simulasi proses kecerdasan manusia yang dilakukan oleh mesin, terutama sistem komputer. Proses-proses ini termasuk belajar (memperoleh informasi dan aturan untuk menggunakan informasi), penalaran (menggunakan aturan untuk mencapai perkiraan atau kesimpulan pasti) dan koreksi diri. Contoh aplikasi AI adalah sistem pakar, pengenalan suara dan visi mesin.

Apakah Anda sudah pernah menggunakan Siri atau Google Assistance? Ibaratnya kita memiliki digital asisten pribadi yang bisa membantu kita bukan hanya mengatur segala sesuatu di dalam smartphone bahkan menjawab pertanyaan mengenai politik! Atau mungkin Anda berminat menggunakan Google Home, atau Amazon Alexa atau Echo? Perangkat ini bisa mengikuti intruksi kita dengan menggunakan suara. Istilah smarthome sekarang sudah bukan impian di masa depan lagi. Anda bisa memasangnya sendiri dengan sangat mudah di rumah. Biaya perangkat? cobalah untuk browsing di berbagai e-commerce, tidak mahal.

Cryptocurrency

Cryptocurrency adalah mata uang digital atau virtual yang menggunakan kriptografi untuk keamanan. Cryptocurrency sulit untuk dipalsukan karena fitur keamanan ini. Banyak cryptocurrency adalah sistem terdesentralisasi berdasarkan teknologi blockchain, buku besar terdistribusi yang diberlakukan oleh jaringan komputer yang berbeda. Ciri khas dari cryptocurrency dan bisa dibilang daya tarik terbesarnya adalah sifat organiknya dan tidak terikat oleh regulasi apapun. Cryptocurrency tidak dikeluarkan oleh otoritas dalam suatu daerah, membuatnya secara teoritis kebal terhadap campur tangan atau manipulasi pemerintah.

Cryptocurrency sendiri sangat mudah digunakan dan mungkin penerapan pembayaran tradisional yang dilakukan secara digital. Ketika kita mengirim uang digital sebagai pembayaran, uang itu akan terkirim langsung dari dompet digital kita ke dompet digital penjual. Tidak ada perantara, tidak ada batasan waktu yang dibutuhkan hanya koneksi internet. Anda pernah mendengar bitcoin? Itu adalah salah satu cryptocurrency paling terkenal. Meskipun banyak negara sudah mulai menolak mata uang digital, perlu kita ikuti perkembangannya.

Dan pada akhirnya jarak dan waktu telah hilang di dunia digital.

2 Comments

  1. Nice article bro.
    hehe.. no offense, just a friendly comment though, found little bit typo and uncomplete sentences on some points that might cause a misleading on what topic you’ve pointed to..
    For example:
    “karena mahalnya biaya instalasi yang biaya berlangganannya.”
    “Contohnya dalam dunia media, perangkat yang terhubung dapat membantu para petugas medis”

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

*